Memelihara Ikan dan Punya Akuarium di Rumah Beri Manfaat Kesehatan Seperti Ini

Febi Anindya Kirana27 Jul 2020, 17:19 WIB
perempuan memelihara ikan

Fimela.com, Jakarta Ada banyak hewan peliharaan yang bisa dimiliki semua orang di rumah, mulai dari kucing, anjing, hingga ular dan buaya. Salah satu hewan peliharaan yang juga sering disukai banyak orang mungkin adalah ikan.

Ada banyak sekali jenis ikan hias yang bisa dipeliharaan di rumah, dan ternyata memiliki ikan peliharaan yang ditempatkan di dalam akuarium kecil atau fish bowl di rumah mampu memberikan manfaat kesehatan yang mengejutkan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal kesehatan Environment & Behavior yang dilakukan para peneliti asal University of Exeter menemukan bahwa memandang akuarium dengan ikan-ikan di dalamnya mampu menurunkan tekanan darah tinggi dan membuat detak jantung lebih stabil dan bahkan meningkatkan suasana hati orang yang melihatnya.

Manfaat memelihara ikan di rumah

memelihara ikan
Photo by Ahmed Hasan on Unsplash

Dengan kata lain, memandang ikan peliharaan yang berenang di dalam akuarium atau kolam mampu memberikan ketenangan. Bahkan penelitian juga menyebutkan bahwa semakin banyak jumlah ikan, semakin baik dalam meningkatkan konsentrasi atau fokus soseorang.

Aquarium nyatanya memang mampu memberikan efek relaksasi yang alami di dalam rumah dan bahkan ruang kerja seeprti kantor. Ini juga alasan mengapa banyak rumah sakit memiliki kolam ikan atau akuarium di dalam gedung, karena ternyata air dan ikan mampu memberikan energi positif untuk para pasien.

Jadi jika merasa stres setiap hari, coba deh punya ikan peliharaan di rumah, Sahabat Fimela.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓