Pentingnya Deteksi Dini Penyakit Hepatitis B yang Menyerang Kesehatan Hati

Vinsensia Dianawanti03 Agu 2020, 10:30 WIB
Hepatitis B

Fimela.com, Jakarta Masalah kesehatan hati masih cukup besar di Indonesia. Terbukti dengan banyaknya masyarakat Indonesia yang telah terinfeksi penyakit hepatitis. Salah satu jenis hepatitis yang paling banyak menyerang penduduk Indonesia adalah hepatitis B.

Di Hari Hepatitis Sedunia, Kalbe mengajak masyarakat Indonesia untuk semakin peka terhadap penyakit yang menginfeksi ini. Selain dengan meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik, mencegah penyakit hepatitis B dapat dilakukan dengan melakukan deteksi dini. Sehingga dapat memutus rantai penularan penyakit hepatitis B.

Hepatitis B sendiri merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus, menyerang organ hati, higga menimbulkan penyakit akut dan kronis. Untuk mendeteksi hepatitis B, perlu dilakukan tes darah untuk mendapat hasil yang akurat.

Untuk menghindari dari penularan hepatitis B, bisa dilakukan dengan melakukan vaksinasi hepatitis. Namun jika sudah tertular, bisa dilakukan pengobatan untuk mencegah virus hepatitis B menyebabkan penyakit yang lebih serius, seperti sirosis hati.

 

Cara penularan

Ilustrasi Hepatitis A/Unsplash Alicia
Ilustrasi Hepatitis A/Unsplash Alicia

“Hepatitis merupakan salah satu penyakit menular yang harus mendapat perhatian dari kita semua, di mana yang banyak menginfeksi penduduk Indonesia adalah Hepatitis B yang disebabkan oleh virus hepatitis B (HBV),” ujar Dr. Fardah Akil, SpPD-KGEH, FINASIM Ketua PPHI - PEGI Cabang Makassar.

Penyakit hepatitis B terbilang menjadi jenis hepatitis yang paling mudah menyebar dan menular. Penularannya bisa melalui kontak darah maupun cairan tubuh pengidap hepatitis B. Sekitar 95 persen penularan hepatitis B terjadi secara vertikal dari ibu dari positif hepatitis B kepada bayi yang dilahirkannya.

Sementara, gejala dari hepatitis b tidak secara spesifik terlihat dan tidak memiliki gejala di awal infeksi. Pasien dengan hepatitis B baru terdeteksi dengan tingkat yang serius.

 

Perlu mengonsumsi suplemen dan vitamin

Ilustrasi suplemen
Ilustrasi suplemen (Photo by Kayla Maurais on Unsplash)

Untuk menghindari penularan hepatitis B, masyarakat perlu menjaga kesehatan hati sejak dini. Dengan menjaga pola makan yang seimbang akan menjauhkan seseorang dari penularan hepatitis B.

Selain itu, tersedia suplemen dan nutrisi dari Kalbe untk membantu menjaga kesehatan hati sejak dini, yakni Hepamax dan Hepatosol. Hepamax merupakan suplemen berbahan dasar natural yang diformulasikan khusus untuk menjaga kesehatan hati. Fungsinya untuk membantu menjaga sel hati, antioksidan, anti radang, mempercepat perbaikan sel hati, dan memperbaiki kadar SGOT & SGPT.

Sementara Hepatosol merupakan nutrisi yang mengandung protein lengkap, sumber lemak baik, serat, serta asam amino yang dirancang khusus untuk pasien dengan penyakit hati.

 

Simak video berikut ini

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓