Sukses

Lifestyle

Belajar Bangun Usaha Kuliner Lewat Promosi di Tengah Pandemi

Fimela.com, Jakarta Usai sukses melatih 14 startup kuliner lewat program mentoring Batch 1, Digitarasa dan GoFood kembali menggelar program angkatan keduanya bersama Chef dan Pebisnis Kuliner Arnold Poernomo dan Founder & CEO Kopi Kenangan Edward Tirtanata. Program Batch 2 kali ini akan berfokus untuk membantu pertumbuhan usaha kuliner lokal dengan menargetkan binis kuliner anak bangsa, untuk bersama-sama belajar dan tumbuh dengan pembelajaran bisnis kuliner dari hulu ke hilir. 

Bukan hanya mengembangkan inovasi bisnis kuliner, program ini juga akan mengajarkanmu mengenai pemasaran berbasis data dari talenta terbaik di industri kuliner. Kamu juga akan mengulik tentang manajemen operasional bisnis food and becerages (F&B), pemarasan lewat branding dan marketing, pengembangan produk, riset pasar, hingga akses ke permodalan. 

 

Menurut VP of Adtech and Promo Tech Business Gojek, Bella Chyntiara, pihaknya berkomitmen memberikan solusi dari pengembangan teknologi dan bantuan pendampingan untuk membantu startup dan UMKM. Termasuk melakukan digitalisasi sebagai strategi pivot untuk beradaptasi di tengah pandemi Corona. 

“Pandemi ini mengajarkan kami banyak hal dan GoFood tetap konsisten memberikan solusi baik dari pengembangan teknologi maupun bantuan pendampingan untuk membantu startup dan UMKM bangkit, beradaptasi, dan tumbuh seiring dengan perubahan perilaku konsumen di masa tatanan kehidupan baru. Di sisi teknologi, kami terus mendukung pelaku UMKM melakukan digitalisasi sebagai strategi pivot untuk beradaptasi, dengan menjembatani kebutuhan mereka dari hulu ke hilir, mulai dari proses migrasi offline ke online, hingga strategi pemasaran berbasis digital jitu untuk menjangkau target konsumen. Selain melalui inovasi menu, kami selalu menghimbau mitra usaha kuliner kami untuk bersama-sama mengedepankan protokol kebersihan dan kesehatan untuk menjaga kepercayaan konsumen selama pandemi. Selain itu, GoFood juga memberikan akses ke berbagai program promosi sesuai kebutuhan para mitra usaha, untuk meningkatkan eksposur UMKM dan memasarkan produk dengan lebih efektif," jelasnya. 

Strategi Promosi

Bella juga menjelaskan, para pelaku usaha kuliner harus bisa menjalankan beberapa strategi promosi yang berbeda. Seperti promosi dengan potongan harga pada menu, potongan harga dengan minimum jumlah pembelian, hingga diskon ongkos kirim. 

“GoFood berkomitmen menjadi growth partner terbaik untuk para mitra usaha kuliner dan kami bangga dapat kembali berkolaborasi bersama Tim Digitarasa untuk memberikan pelatihan kepada start-up kuliner dan membantu mereka untuk mengakselerasi skala usahanya,” lanjut Bella.

 

Selain kemampuan membaca data perilaku konsumen, Digitarasa juga membekali startup dengan kemampuan manajemen bisnis F&B dari para pakar di industri kuliner, seperti Chef Arnold Poernomo, CEO & Co-Founder Kopi Kenangan Edward Tirtanata, dan CEO Mangkok Ku Randy Julius Kartadinata. Sahabat Fimela juga akan mendapatkan insight mengenai industri kuliner dari mereka. 

#ChangeMaker

Simak Video Berikut

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading