5 Cara Membuat Hubungan Pernikahan Tetap Sehat di Tengah Pandemi Covid-19

Anisha Saktian Putri07 Agu 2020, 08:30 WIB
mengabaikan mitos dalam mempersiapkan pernikahan

Fimela.com, Jakarta Di tengah pandemi seperti saat ini kehidupan semakin tak menentu, mulai dari pekerjaan bahkan hingga hubungan pernikahan

Beberapa pakar perkawinan mengatakan bahwa periode ini akan terjadi kenaikan tingkat perceraian dengan tekanan keuangan yang semakin membuat stres, situasi kehidupan, pengasuhan anak, dan perubaham manajemen rumah tangga di tengah pandemi. 

Agar hal buruk seperti itu tak terjadi, diperukan strategi agar hubungan pernikahan tetap sehat dan harmonis. Berikut ulasannya, melansir stabroeknews.

1. Bicarakan apapun untuk mengurangi stres

menikah saling menjaga
Saling menjaga dalam pernikahan./Copyright shutterstock.com

Terkadang orang yang mengeluh tidak selalu mencari tanggapan yang panjang tapi cukup dengarkan saja. Jika pasangamu bercerita, cukup untuk dengarkan apa keluh kesahnya. Cobalah yang terbaik untuk mendengarkan, menunjukkan empati dan memastikan dialog berjalan dua arah.

2. Libatkan suami dalam pekerjaan rumah

Selama suami bekerja dari rumah, ada baiknya untuk membagi tugas pekerjaan rumah kepadanya. Dengan begitu, istri tidak akan merasa stres. Setelah melalukan pekerjaan tersebut, baiknya berikan sanjungan atau rasa terima kasih kepada sang suami, agar merasa mereka dibutuhkan dan dihargai. 

3. Lakukan kegiatan bersama

mengatasi rasa bosan
Menjaga romantisme pernikahan./Copyright shutterstock.com/g/TZIDO

Agar tidak membosankan, baik mencari atau menjadwalkan kegiatan yang mengasikan. Seperti menonton netflix, bercocok tanam, atau bersepeda. Jika sudah memiliki anak, coba aja suami untuk bermain bersama si kecil. Atau bisa juga melalukan bisnis bersama.

4. Rutin lakukan seks

Untuk pasangan suami istri, seks adalah bumbu penting dalam menjaga keharmonisan rumah tangga. Lakukan secara rutin, paling tidak seminggu satu sampai dua kali.

5. Diskusi dan jangan ragu minta maaf

Ketika menikah tentu sering terjadi pertikaian, ini bukan hal aneh lagi. Namun ada baiknya posisikan dirimu sebagai pasangan, dengan begitu kalian akan melihat sudut pandang yang berbeda. Setelah itu, kalian dan pasangan akan melihat masalahnya dan menyelesaikan secara logika bukan emosi sesaat. Serta jangan ragu untuk minta maaf, apalagi ketikan kalian salah. 

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓