5 Cara Nyaman Mengatasi Perasaan Kurang Bersemangat

Endah Wijayanti04 Agu 2020, 09:43 WIB
menangis seorang diri

Fimela.com, Jakarta Pernah mengalami hari-hari yang terasa berat dilalui karena muncul perasaan kurang bersemangat? Saat mood sedang buruk, rasanya jadi malas untuk ngapa-ngapain. Rencana yang sudah disusun pun berakhir berantakan dan berujung pada tidak melakukan apa-apa selama beberapa waktu. 

Mengatasi perasaan kurang bersemangat memang perlu cara-cara tersendiri. Sebab saat sudah malas untuk melakukan apa-apa, agak sulit untuk mengubah sikap dan perilaku secara instan. Untuk itu kita perlu mengalirkan kembali perasaan nyaman supaya bisa meningkatkan semangat dalam diri dan memperbaiki mood jadi lebih baik.

1. Lakukan Aktivitas yang Bisa Mengalihkan Perhatian

Pilih aktivitas yang memang kamu suka. Sebab bila kita makin membiarkan diri kita malas, kurang bersemangat, dan tidak melakukan apa-apa, maka semakin lama akan makin sulit untuk memperbaiki mood. Pergi berbelanja, membersihkan kamar, menonton serial, atau sekadar merapikan meja bisa menjadi langkah awal untuk atasi rasa kurang bersemangat. 

2. Jauhkan Diri dari Media Sosial

Melansir laman lifehacks.io, menurut penelitian terbaru, mood yang diekspresikan orang-orang di media sosial bisa menular. Misalnya, bila kita membaca tulisan teman di media sosial yang berisi hal-hal negatif, maka kita bisa ikut merasa negatif. Selain itu, melihat hal-hal di media sosial akan memicu kita untuk terus membanding-bandingkan diri dengan orang lain. Melihat ada teman yang baru pergi liburan sedangkan kita sedang tidak punya uang, muncul perasaan iri yang membuat kita tak nyaman. Bila kita merasa media sosial makin menurunkan semangat dan membuat suasana hati kurang baik, maka ada baiknya untuk menjauhi media sosial terlebih dahulu selama beberapa waktu.

3. Berolahraga untuk Meningkatkan Endorfin

yoga sebelum tidur
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/petrunjela

Kurang bersemangat karena sedang stres? Coba lakukan olahraga ringan. Olahraga bisa bantu meningkatkan endorfin sehingga bisa meningkatkan suasana hati jadi lebih positif dalam waktu beberapa menit. Endorfin adalah peningkat semangat alami yang bisa meningkat saat kita berolahraga. Ada beberapa jenis olahraga yang bisa dipilih seperti yoga, joging, lari, berenang, atau aerobik. Jalan kaki di bawah sinar matahari alami juga cara yang sangat efektif untuk meningkatkan suasana hati jadi lebih baik.

4. Bersosialisasi

Manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial. Jika yang memicu perasaan kurang bersemangat adalah karena kesepian, cobalah untuk cari teman bicara. Entah dengan teman, keluarga, atau orang-orang terdekat lainnya. Bersosialisasi dan kembali terhubung dengan orang-orang di sekitar kita bisa bantu mengatasi perasaan kurang bersemangat. 

5. Mensyukuri Hal-Hal yang Sudah Ada

Coba ambil jarak dan jeda sejenak. Lihat segala sesuatu yang ada di sekelilingmu. Atas semua yang kamu miliki dan bisa rasakan saat ini, syukuri semua. Atas hal-hal yang sudah kamu dapat atau peroleh hingga kini, berterima kasihlah. Yang tak kalah penting adalah berterima kasih pada diri sendiri yang sudah bisa melalui hal-hal berat untuk bisa sampai ke titik ini. Atur kembali napasmu dan perlahan-lahan rasakan energi yang lebih positif mengalir dalam dirimu.

Mungkin hasilnya tidak serta merta instan dan bisa langsung membuatmu bersemangat dalam waktu singkat. Namun, dengan melakukan sesuatu untuk kebaikan dirimu maka suasana hatimu bisa membaik dengan sendirinya. 

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓