10 Resep Menu Sayur Rumahan khas Indonesia yang Wajib Coba

Febi Anindya Kirana05 Agu 2020, 15:10 WIB
sayur asem

Fimela.com, Jakarta Kuliner nusantara memang banyak macamnya dan pasti tidak akan mudah menyebutnya satu per satu, termasuk menu olahan sayur rumahan yang paling banyak dimasak oleh ibu-ibu di rumah. Ada banyak menu sayur khas Indonesia yang paling sering bikin kangen rumah. Ini dia beberapa menu sayur rumahan yang patut dicoba (jika belum pernah memasaknya).

1. Sayur Asem

Ini adalah varian menu sayur yang paling mudah dibuat karena tinggal memasukkan semua bahan dan bumbunya dalam air mendidih yang nantinya berfungsi sebagai kuah. Rasanya yang asam segar gurih paling nikmat disantap dengan sambal dan berbagai lauk goreng. Coba resepnya di sini.

2. Sayur Bening

Satu lagi menu sayur yang tinggal cemplung-cempulung, dengan bumbu bawang sangat sederhana. Sayur bening umumnya menggunakan bahan seperti bayam, kangkung, jagung manis dan labu siam. Coba resepnya di sini.

3. Sayur Sop

sayur sop
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Oksana Mizina

Ingin sayur gurih yang warnanya seperti pelangi dan mengenyangkan? Sayur sop adalah menu rumahan yang bumbunya digoreng sebelum dimasukkan ke dalam sayur rebus. Coba resepnya di sini.

4. Sayur Bobor

Kombinasikan sayur bening dan santan, jadilah sayur bobor. Umumnya yang digunakan adalah berbagai sayur hijau. Rasanya yang segar dan gurih menjadi ciri khas olahan sayur ini. Coba resepnya di sini.

5. Sayur Lodeh

bumbu pecel
Ilustrasi pecel./Copyright shutterstock.com/g/AriyaniTedjo

Pecinta menu sayuran bersantan patut mencoba sayur lodeh. Umumnya diolah keluarga di Jawa. Dengan bumbu rempahnya yang beraneka ragam, pasti bikin nambah terus. Coba resepnya di sini.

6. Pecel

Tinggal rebus dan buat saus pecel yang berbahan dasar kacang tanah, pecel adalah makanan khas berbagai daerah di Jawa. Bukan hanya sehat, cara membuatnya juga sangat mudah. Coba resepnya di sini.

7. Sayur Urap

urap sayur bayam
ilustrasi urap sayur/copyright by Ariyani Tedjo (Shutterstock)

Olahan kelapa parut yang dicampur bumbu dan sayuran rebus akan jadi sayur urap yang enak. Rasa gurih pedas dari kelapa parut membuatnya menjadi sayur yang bikin nambah lagi. Coba resepnya di sini.

8. Karedok

Makanan khas Jawa Barat ini juga menggunakan bumbu kacang. Banyak yang bilang mirip pecel dan gado-gado. Umumnya dipadukan dengan lontong, atau enak dimakan begitu saja tanpa nasi. Coba resepnya di sini.

9. Sayur Tumis

Tumis Kangkung
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Cara memasak paling mudah saat di rumah tentu saja dengan ditumis. Sayur apa pun enak jika ditumis, bumbunya bisa menyesuaikan sendiri. Coba resepnya di sini.

10. Gado-gado

Satu lagi sayur rebus yang dituang saus kacang, yang membuat gado-gado berbeda adalah rasa sausnya lebih ringan, dan selalu ada telur rebus dan tomat di atasnya. Coba resepnya di sini.

Itu dia sekian menu sayur rumahan khas Indonesia yang paling sering dimasak di rumah, pastinya menggugah selera dan menyehatkan. Meski memang sudah banyak juga yang menjual menu rumahan ini tapi rasanya pasti tak sama dengan buatan ibu di rumah.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓