4 Alasan Pasangan yang Saling Hargai Privasi Bakal Lebih Langgeng

Endah Wijayanti07 Agu 2020, 14:15 WIB
pasangan introver

Fimela.com, Jakarta Menjalin sebuah hubungan bukan berarti akan mengekang kebebasan. Saat sudah memiliki pasangan memang ada hal-hal dan prioritas berbeda yang perlu diperhatikan dan disesuaikan. Di samping itu, saling menjaga dan menghargai privasi pun tetap perlu dilakukan untuk menyelaraskan hubungan.

Pasangan yang bisa tetap saling menjaga dan menghargai privasi masing-masing bisa lebih langgeng dan harmonis dalam hubungan. Bagaimana cara setiap pasangan memandang ruang pribadi atau privasi memang bisa berbeda satu sama lain. Setidaknya dengan saling menghargai privasi dan ruang pribadi masing-masing, ada sejumlah kebaikan yang bisa didapatkan bersama.

1. Memaksakan Diri untuk Bersama Setiap Waktu Bisa Kurang Menyehatkan

Kurang menyehatkan bagi hubungan bila pasangan selalu memaksakan diri untuk bersama setiap detik. Hubungan pun bisa terasa terlalu menekan dan mengekang. Tak ada ruang untuk bergerak atau ruang untuk melakukan sesuatu untuk diri sendiri bisa membuat kita merasa tertekan. Bahkan hubungan yang dijalani akan terasa makin membosankan. Sesekali memberi ruang pribadi satu sama lain bisa membuat hubungan jadi lebih nyaman untuk dijalani bersama.

2. Hubungan Bisa Lebih Kuat saat Bisa Saling Memberi Privasi

Tetaplah perlu menjaga hubungan baik dengan teman, sahabat, dan keluarga terdekat yang lain. Mungkin ada waktu-waktu tertentu kita perlu menghabiskan waktu dengan sahabat untuk berbagi cerita dan saling hibur satu sama lain. Ada saatnya kita perlu menghabiskan waktu dengan keluarga demi menjaga ikatan tetap kuat. Ada waktunya juga kita menekuni hobi atau kegiatan yang kita sukai seorang diri untuk melepas penat. Dengan cara-cara tersebut, hubungan  yang dijalani pun bisa makin kuat karena bisa saling memberi rasa percaya dan kebebasan yang dibutuhkan.

3. Menghargai Privasi Mengurangi Rasa Curiga Berlebihan

pasangan mendengar
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Ya, rasa saling curiga bisa dikurangi saat sama-sama memiliki komitmen untuk menjaga privasi satu sama lain. Pasangan yang introver misalnya, akan selalu butuh waktu untuk menyendiri atau melakukan sesuatu seorang diri demi mengisi ulang energinya. Bila hal ini bisa dikomunikasikan dengan terbuka dan dikompromikan bersama, maka tak akan muncul rasa curiga ketika tiba-tiba pasangan meminta untuk tidak diganggu selama beberapa saat. Karena ada rasa saling percaya yang terbentuk dari upaya saling jaga privasi, rasa curiga atau cemburu berlebihan pun bisa dikurangi.

4. Menghargai Perbedaan, Memperkuat Hubungan

Kita dan pasangan kita adalah individu yang berbeda. Selain beberapa kesamaan yang dimiliki, ada sejumlah perbedaan yang pasti ada di antara kita. Dengan saling memberi ruang pribadi dan menjaga privasi, perbedaan yang ada tidak lagi menjadi hambatan. Bahkan hubungan bisa makin kuat dan harmonis.

Tak ada salahnya untuk saling memberi ruang dan menjaga privasi satu sama lain. Hal ini pun bisa memberi pengaruh besar dan membuat hubungan jadi lebih langgeng. 

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by