4 Hal yang Memperburuk Pertengkaran dan Membuat Hubungan Rentan Putus

Endah Wijayanti12 Agu 2020, 13:45 WIB
pasangan sedang bertengkar

Fimela.com, Jakarta Saat menjalin sebuah hubungan akan ada masa-masa yang memicu pertengkaran antar pasangan. Sejumlah permasalahan dan konflik dapat memicu pertengkaran. Pertengkaran tidak selalu menjadi hal buruk tapi bila tak dihadapi dengan baik, pertengkaran bisa memicu perpisahan.

Ada hal-hal yang sebaiknya dihindari dalam pertengkaran. Sebuah masalah yang sebenarnya kecil bisa mendadak menjadi besar dan makin sulit diatasi bila pertengkaran menjadi tidak sehat. Seperti empat hal ini yang sebaiknya sebisa mungkin dihindari. 

1. Saling Menyalahkan tanpa Mau Mendengar Satu Sama Lain

Ketika pertengkaran terjadi saat kondisi sama-sama capek, biasanya akan muncul ego untuk membela diri dan saling menyalahkan satu sama lain. Sehingga satu masalah kecil saja bisa langsung membuat kita marah. Tapi sebaiknya hindari saling menyalahkan dan membuat pembelaan tanpa memberi ruang untuk saling mendengar satu sama lain. Mencari-cari alasan untuk membela diri dan menyalahkan pasangan atas pertengkaran yang terjadi hanya akan membuat keadaan makin susah untuk dihadapi dan diatasi.

2. Mengucap Maaf tanpa Kesungguhan Hati

Memang sebuah maaf bisa bantu atasi pertengkaran. Namun, jika kata maaf diucapkan sembarangan tanpa ketulusan hati, maka yang terjadi adalah kondisi yang makin memburuk. Hanya asal mengatakan maaf setelah bertengkar bisa menyulut pertengkaran baru. Kalau kata maaf hanya "diobral" dan tidak tampak ada ketulusan serta niat untuk memperbaiki keadaan, maka nantinya masalah baru akan muncul. Bila masih sama-sama emosi dan belum tenang, tenangkan diri dulu dan utarakan maaf dengan ketulusan hati.

 

3. Saling Abai dan Mendiamkan Satu Sama Lain dalam Waktu Lama

Selingkuh
Ilustrasi/copyright shutterstock

Memang sesekali perlu berjarak sejenak untuk bisa menjernihkan pikiran dan kembali membahas persoalan yang mengganggu. Akan tetapi, jika yang terjadi malah "perang dingin" dengan saling abai dan terus menerus mendiamkan satu sama lain, maka lama kelamaan "bom waktu" dalam hubungan bisa meledak dan menghancurkan keharmonisan hubungan. Sikap yang tidak peduli bisa membuat hubungan makin sulit untuk dipertahankan keharmonisannya.

4. Mengungkit Persoalan Lama yang Semestinya Dilupakan

Rasanya pasti tidak menyenangkan jika setiap waktu selalu bertengkar untuk hal yang sama. Seakan tak bisa berkembang atau berpindah ke arah yang lebih baik. Mengungkit persoalan lama hanya akan menambah bara dalam sebuah pertengkaran. Pada akhirnya hanya akan menghadirkan perasaan makin tak nyaman. Hubungan jadi terasa makin tak nyaman dan perpisahan bisa terjadi kemudian.

Semoga hubungan yang kamu jalani saat ini senantiasa harmonis, ya. Kalaupun ada pertengkaran, semoga bisa memberi pelajaran untuk bisa saling mendewasakan satu sama lain.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓