7 Makanan Ini Bantu Hilangkan Bekas Jerawat dan Menghaluskan Kulit

Febi Anindya Kirana12 Agu 2020, 17:15 WIB
labu kuning

Fimela.com, Jakarta Kesehatan tubuh bisa tentang bagian tubuh mana pun, tidak terkecuali kesehatan kulit. Jika bicara tentang jerwat sepertinya semua orang pernah mengalaminya, hanya saja kadar keparannya berbeda-beda.

Untuk beberapa orang, bekas jerawat sangat sulit dihilangkan tapi ternyata bekas jerawat bisa dikurangi bahkan dihilangkan dengan makanan sehat karena kandungan nutrisinya yang ampuh perbaiki kulit. Ini dia sekian makanan yang bisa bantu hilangkan bekas jerawat.

1. LABU

Labu kuning kaya akan vitamin A, B kompleks seperti niacin (Vitamin B3), folat, dan seng. Niacin dan folat mampu meningkatkan peredaran darah dan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak karena jerawat. Vitamin A membantu melembutkan kulit dan biji labu yang kaya seng juga membantu mengendalikan kadar hormon dan produksi minyak di kulit.

2. BROKOLI

brokoli
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Kaya antioksidan seperti folat, vitamin C dan K serta mineral, brokoli membantu mengurangi bekas hitam karena jerawat dan meratakan kulit sekaligus membantu mempercepat penyembuhan luka bekas jerawat.

3. LEMON

Meski mungkin teras pedih jika diaplikasikan langsung ke kulit namun jika dikonsumsi lemon dengan kandunganantioksidan terutama vitamin C dan flavonoid-nya membantu mengencangkan kulit, memperbaiki sel-sel kulit yang rusak dan mncerahkan kulit.

4. UBI

Ubi mengandung retinol dan beta karoten yang ampuh mengurangi hiperpigmentasi, inflamasi dan pori-pori tersumbat karena bekas jerawat maupun jerawat yang terpendam.

5. PEPAYA

buah pepaya
ilustrasi buah pepaya/Photo by alleksana from Pexels

Buah pepaya bukan hanya jadi makanan diet tapi juga kaya enzim papain yang ampuh mengelupas sel-sel kulit mati dan membantu membersihkan pori-pori, melembapkan kulit dan mengurangi inflamasi pada jerawat yang merah.

6. KEMBANG KOL

Kembang kol kaya vitamin C dan asam amino bernama histidin, dan semua kandungan sehat itu membantu kulit memperbaiki sel-sel yang rusak parah bekas jerawat dan membantu meregenerasi sel-sel kulit yang baru dan sehat.

7. QUINOA

Kandungan Vitamin B3 (niacin) membantu melembutkan kulit dan mengurangi inflamasi serta iritasi. Kandungan Ecdysteroid pada quinoa bisa membantu produksi kolgen sehingga kulit halus dan lembut.

Itu dia sekian makanan yang bisa membantu menghilangkan bekas jerawat dan membuat kulit halus. Patut dicoba ya Sahabat Fimela.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓