BERANI BERUBAH: OYO Hotels and Homes Kini Lebarkan Sayap ke Industri Kopi

Karla Farhana13 Agu 2020, 10:30 WIB
[Fimela] Kopi

Fimela.com, Jakarta Masyarakat Indonesia begitu lekat dengan budaya ngopi. Permintaan akan produk F&B ternyata terus meningkat, terutama di tengah pandemi Corona seperti sekarang ini. Hal ini mendorong para pebisnis untuk melebarkan sayapnya ke dunia F&B, seperti perhotelan. OYO Hotels and Homes, jaringan akomodasi terkemuka di Indonesia kini melebarkan sayapnya dengan meluncurkan inovasi terbaru di industri hopitaliti lewat brand kopi independen, Kopi Cinta. 

Menurut Eko Bramantyo, Country Head Emerging Business OYO Indonesia, pandemi ini mendorong pelaku industri untuk semakin inovatif. Terutama untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang telah mengalami perubahan akibat pandemi tersebut. Pihaknya kini melibatkan budaya ngopi yang belakangan menjadi tren di kalangan anak-anak muda. 

Selain itu, terdapat peningkatan permintaan akan produk F&B dari para tamu hotel OYO di berbagai wilayah Indonesia. Berangkat dari sini, OYO Indonesia berinisiatif untuk menghadirkan Kopi Cinta untuk para pelanggan setianya. 

“Di tengah pandemi ini, sebagai pelaku industri kami senantiasa dituntut untuk semakin inovatif, baik dalam memenuhi kebutuhan konsumen yang mengalami perubahan, maupun dari sisi strategi bisnis. Kami di OYO melihat bahwa budaya ngopi di seluruh Indonesia mengalami peningkatan yang pesat. Selain itu, terdapat peningkatan permintaan akan produk F&B dari para tamu dari hotel-hotel kami di berbagai wilayah Indonesia. Berangkat dari kondisi ini, OYO berinisiatif untuk memanfaatkan peluang dengan menghadirkan lini bisnis baru, yang juga kami harapkan dapat menjadi sumber pemasukan tambahan bagi para mitra yang tertarik untuk membuka gerai Kopi Cinta ini,” ungkapnya. 

 

Teknologi Mesin Kopi Kapsul

[Fimela] Kopi Cinta
Kopi Cinta | OYO Indonesia

Produk Kopi Cinta ini dibuat dengan teknologi mesin kopi kapsul otomatis untuk memastikan kualitas dan konsistensi minuman kopi yang disediakan. Selain itu, Kopi CInta juga menggandeng Primo Coffee sebagai partner strategis dalam pembuatan standar operasional, menyediakan pelatihan barista, serta pengadaan alat dan suplai bahan baku. 

Agar dapat menjangkau konsumen di luar tamu hotel OYO, Kopi Cinta juga menggandeng GoFood dan GrabFood untuk layanan pesan-antar secara daring bagi masyarakat umum. 

Kini, terdapat 30 gerai Kopi Cinta di hotel OYO yang diperasikan langsung oleh OYO. OYO juga akan menambah gerai Kopi Cinta di seluruh jaringan hotelnya, dengan biaya investasi awal mulai dari Rp3 juta (termasuk mesin dan starter pack), tanpa membutuhkan ruang atau juga staf tambahan. 

#ChangeMaker

Simak Video Berikut

Lanjutkan Membaca ↓