Mengenal Dhea Lukita Andriana, Anak TKI yang Jadi Komandan Pengukuhan Paskibraka HUT RI ke-75

Vinsensia Dianawanti14 Agu 2020, 13:00 WIB
Paskibraka, Paskibraka 2019, Paskibraka Nasional 2019, Paskibraka 2020, HUT ke-75 RI, HUT RI ke-75

Fimela.com, Jakarta Nama Dhea Lukita Andriana kini menjadi sorotan warganet jelang HUT RI ke-75. la merupakan satu dari delapan anggota Paskibraka 2019 yang kembali dipanggil untuk bertugas di Istana Merdeka pada 17 Agustus 2020. Mereka pun resmi menyandang status baru sebagai Paskibraka Nasional 2020.

Sebelum bertugas di HUT RI ke-75, ke delapan anggota Paskibraka ini dikukuhkan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka pada Kamis (13/8/2020). Dalam pengukuhan anggota Paskibraka ini, Dhea Lukita Andriana bertindak sebagai Komandan Upacara. Siapa sebenarnya sosok Dhea Lukita Andriana?

Dikutip dari Liputan6.com, Dhea Lukita Andriana merupakan Paskibraka wakil Jawa Timur. Saat ini, ia tercatat sebagai siswi kelas 12 di SMA Negeri 1 Ngunut, Tulungagung. Ia kembali terpilih bersama delapan anggota Paskibraka 2019 untuk bertugas di Istana Negara dalam rangka perayaan HUT RI ke-75.

Paskibraka jadi cita-citanya sejak kecil

Calon Paskibraka 2019 dari Jawa Timur
Calon Paskibraka Nasional 2019 dari Provinsi Jawa Timur, Dhea Lukita Andriana. (Foto: Liputan6.com/Ratu Annisaa Suryasumirat)

Dhea merupakan anak dari pasangan Salim Rajun dan Nursiah. Kedua orangtuanya kini bekerja sebagai TKI di Taiwan dan Malaysia. Dhea pun akhirnya tinggal bersama sang kakek dan neneknya sejak kecil. Setelah sang nenek meninggal, Dhea kini hanya tinggal berdua bersama sang kakek.

Menjadi anggota paskibraka merupakan cita-cita Dhea sejak kecil. Ketika ada kesempatan pada 2019, ia dengan bersemangat mengikuti rangkaian seleksi kabupaten hingga pusat. Seleksi pun berhasil ia jalani dengan optimal hingga akhirnya terpilih ke tingkat nasional bersama siswa asal Batu, Malang.

Terpilih kembali sebagai salah satu anggota Paskibraka Nasional 2020 untuk perayaan HUT RI ke-75 tidak pernah dibayangkan oleh Dhea. Akibat pandemi COVID-19, pemerintah terpaksa melakukan pembatasan aktivitas formal yang berpotensi melibatkan banyak orang termasuk seleksi paskibraka untuk HUT RI ke-75.

Simak video berikut ini

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓