4 Manfaat Jus Sayuran untuk Tubuh Lebih Sehat

Anisha Saktian Putri18 Sep 2020, 12:30 WIB
Diperbarui 18 Sep 2020, 12:30 WIB
Jus sayuran/dok. Unsplash Truong

Fimela.com, Jakarta Southeast Asian Food and Agriculture Science and Technology (Seafest Center IPB) mengungkapkan, konsumsi sayur masyarakat Indonesia tercatat hanya mencapai 180 gram per kapita per hari. Angka ini jauh berada di bawah standar yang diterapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yaitu 400 gram per kapita per hari.

Untuk meningkatkan minat dalam mengonsumsi sayur, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Salah satunya, dengan mengolahnya sebagai jus sayur.

Meski jumlah seratnya masih lebih rendah dibandingkan sayuran utuh, namun jus sayur tetap memiliki segudang manfaat bagi tubuh seperti, mengandung molekul antioksidan berlimpah yang berfungsi menangkal radikal bebas penyebab kerusakan sel, menjaga sistem kekebalan tubuh berkat kandungan vitamin dan mineralnya, membantu menghilangkan racun dalam tubuh, memelihara kesehatan jantung dan menjaga kadar kolesterol.

“Indonesia adalah negara yang kaya dengan benih sayuran unggul dan berkualitas. Sungguhdisayangkan jika kekayaan alam ini tidak dimanfaatkan dengan baik. Hal inilah yang cobakami lakukan di FIT Gourmet, mengolah sayuran lebih dari sekedar santapan makanan namun juga dalam bentuk minuman siap saji untuk menambah minat konsumsi masyarakatIndonesia” kata Nova Eugenia, Co-founder FIT Gourmet.

Beberapa jenis sayur yang direkomendasikan untuk diolah menjadi jus sayur adalah:

1. Kale

Jus sayuran FIT Gourmet
Jus sayuran FIT Gourmet

Dikenal sebagai salah satu superfood, kale memiliki kandungan beberapa vitamin sepertivitamin A, vitamin C, vitamin K, serta molekul antioksidan dan beta-karoten. Mengonsumsijus kale dipercaya dapat membantu mengurangi resiko penyakit jantung dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

2. Seledri

Seledri kaya akan vitamin A, vitamin K, vitamin C, molekul antioksidan, kaempferol, asam kafeat, dan asam ferulat. Selain itu, seledri juga kaya akan magnesium dan zat besi. Berkat kandungan nutrisinya yang begitu kaya, jus seledri dipercaya mampu menjaga daya tahantubuh dan menjaga kesehatan pencernaan. Jus seledri dapat dinikmati tanpa campuranapapun atau ditambah dengan kale atau tomat agar lebih nikmat.

3. Timun

Sayur rendah kalori yang kaya vitamin K, vitamin C serta mineral seperti mangan dan kalium ini dapat membantu mengembalikan hidrasi tubuh, berkat kandungan airnya yang banyak. Dengan seimbangnya cairan tubuh, maka sistem pencernaan, fungsi ginjal, berat badan, dan performa fisik pun senantiasa terjaga.

4. Wortel

Jus wortel menyediakan asupan vitamin A dan berbagai zat mineral yang dibutuhkan tubuh.Selain itu, ada senyawa karotenoid (beta-karoten, likopen, alfa-karoten, dan lutein) yangmerupakan pigmen yang memiliki efek antioksidan untuk melawan kerusakan sel.

“Melalui olahan jus sayur yang kami produksi, kami ingin menunjukkan bahwa buah dan sayur dapat dinikmati melalui cara pengolahan yang sederhana. Seledri kaya akan vitamin A, vitamin K, vitamin C, molekul antioksidan, kaempferol, asamkafeat, dan asam ferulat. Selain itu, seledri juga kaya akan magnesium dan zat besi. Berkat kandungan nutrisinya yang begitu kaya, jus seledri dipercaya mampu menjaga daya tahantubuh dan menjaga kesehatan pencernaan. Jus seledri dapat dinikmati tanpa campuranapapun atau ditambah dengan kale atau tomat agar lebih nikmat.

" Semua minuman siap saji ini dibuat dengan teknologi cold-pressed untuk memastikan kandungan nutrisi sayurdan buah tetap terjaga, yang bisa didapatkan di aplikasi ataupun website FITCO," tutup Nova.

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓