3 Hal yang Dibutuhkan agar Berhasil Mengaktifkan Ragi Kering

Endah Wijayanti13 Sep 2020, 14:15 WIB
Diperbarui 13 Sep 2020, 14:15 WIB
ragi kering

Fimela.com, Jakarta Saat akan membuat adonan kue, penting bagi kita untuk memastikan kita berhasil mengaktifkan ragi yang akan kita gunakan. Pada sejumlah resep roti dan donat, ragi kering perlu diaktifkan terlebih dahulu sebelum mencampurkannya ke bahan-bahan lain. Lalu, bagaimana cara yang tepat mengaktifkan ragi kering?

Ada setidaknya tiga hal yang perlu kita siapkan supaya berhasil mengaktifkan ragi kering untuk pembuatan adonan roti atau kue. Selengkapnya langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

1. Siapkan Air Hangat

Sebaiknya jangan menggunakan air dingin sebab bisa membuat ragi tidak aktif. Sementar air yang terlalu panas bisa malah membuat ragi mati. Untuk itu, gunakan air hangat suam-suam kuku. Air dengan suhu sekitar 43 derajat celcius bisa digunakan untuk mengaktifkan ragi kering. Siapkan air suam-suam kuku dalam gelas.

2. Siapkan Gula

gula pasir
Photo by Sharon McCutcheon on Unsplash

Gula bukan cuma pemanis belaka. Kita membutuhkan gula untuk mengaktifkan ragi kering. Kegunaan gula dapat memberi nutrisi pada ragi agar bisa membuatnya termetabolisme dengan baik. Jadi jangan sampai dilewatkan, ya. Kita bisa menambahkan sejumput gula atau dua sendok makan gula untuk dilarutkan dalam air hangat.

3. Siapkan Sendok

Larutkan gula dalam air hangat yang sudah disiapka. Tuang ragi kering yang akan kita pakai untuk membuat kue. Setelah itu, gunakan sendok untuk mengaduknya dengan cepat. Usahakan larut dengan sempurna dan tidak ada yang bergerindil atau butiran kasar yang tersisa.

Diamkan selama kurang lebih 15 menit. Jika sudah mucnul buih atau gelembung pada permukaan air ragi, itu tandanya ragi sudah aktif. Ragi pun siap untuk digunakan dalam pembuatan adonan kue.

Semoga informasinya bermanfaat, ya dan tetap semangat mencoba berbagai resep roti, donat, atau kue favoritmu!

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓