Dua Tipe Suami Seperti Ini yang Bikin Istri Bahagia, Menurut Penelitian

Febi Anindya Kirana10 Sep 2020, 16:45 WIB
Diperbarui 10 Sep 2020, 16:45 WIB
pasangan menikah

Fimela.com, Jakarta Hidup akan terasa sia-sia jika menjalani kehidupan cinta bersama seseorang yang tidak kamu cintai. Itulah mengapa ketertarikan terhadap satu sama lain penting dalam keberlangsungan pernikahan.

Menurut sebuah penelitian, seberapa bahagia dirimu dalam pernikahan ternyata bergantung pada siapa yang kamu nikahi, karena bagaimana pun suamimu pasti akan memengaruhi kebahagiaanmu secara positif atau negatif.

Penelitian yang dimuat dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences menemukan bahwa suami adalah penentu kebahagiaan istrinya dalam pernikahan. Ada dua tipe kepribadian suami yang bahkan ditemukan merupakan sumber kebahagiaan istri, yaitu mereka yang memiliki emosi stabil dan pecinta keluarga.

1. Emosi stabil

menikah pasangan cinta
ilustrasi pasangan menikah/Photo by Trung Nguyen from Pexels

Pria yang memiliki emosi stabil ternyata sangat menentukan bagaimana ia dan istrinya akan menyelesaikan sebuah masalah atau pertengkaran dalam rumah tangga. Bagimana ia jadi pihak yang akan menenangkan dan membicarakan hal-hal dengan kepala dingin.

Itulah mengapa penting sekali menghindari pria yang punya kecenderungan neurotik, yaitu mudah tersinggung dan suka mempermasalahkan hal sepele. Partisipan perempuan yang menikah dengan pria yang rendah stabilitas emosionalnya cenderung tidak bahagia.

2. Pecinta keluarga

pasangan menikah
ilustrasi pasangan cinta/Photo by Danu Hidayatur Rahman from Pexels

Carilah pria yang cenderung menjadikan keluarga sebagai prioritas hidupnya. Ia mungkin mengejar karir hingga ke puncak, namun tidak ada yang bisa mengalahkan posisi keluarga sebagai yang utama. Pria seperti inilah yang membuat istrinya bahagia, menurut penelitian.

Para perempuan mengaku mereka paling bahagia menikah dengan pria yang selalu mendahulukan keluarganya. Bahkan penelitian menemukan bahwa suami yang banyak menghabiskan waktu di kantor dan kurang memiliki waktu bersama istri memiliki kadar kebahagiaan yang rendah.

Jadi jika ingin memiliki pernikahan bahagia, pastikan memilih dua jenis pria seperti di atas ya, Sahabat Fimela.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓