3 Kesalahan Penggunaan Kartu Kredit yang Perlu Diketahui

Gayuh Tri Pinjungwati14 Sep 2020, 15:50 WIB
kartu kredit

Fimela.com, Jakarta Banyak orang akhir-akhir ini yang memanfaatkan kartu kredit untuk transaksi finansial mereka. Beberapa dari mereka tidak hanya memiliki satu kartu kredit, bahkan lebih dari satu kredit mereka gunakan untuk melakukan transaksi baik pembelian atau pembayaran lainnya.

Dengan cara ini, mereka tidak perlu membawa banyak uang tunai karena mereka bersedia membayar dengan suku bunga dari perusahaan karu kredit tersebut. Meskipun sudah banyak orang yang menggunakan kartu kredit, namun masih ada orang yang belum mengetahui cara menggunaan yang tepat dan memanfaatkannya dengan cara yang salah. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dihindari saat menggunakan kartu kredit.

Tidak Menyadari Persyaratan dan Ketentuan Penyedia Kartu Kredit

Sebagian besar perusahaan kartu kredit bekerja dengan cara yang sama tetapi mungkin ada berbedaan kecil dalam syarat dan ketentuan mereka, yang dapat menjadi faktor utama dalam cara menggunakan kartu kredit. Inilah sebanya mengapa penting untuk memahami sepenuhnya syarat dan ketentuan yang dimiliki perusahaan kartu kredit bahkan sebelum dirimu memanfaatkan layanan mereka. Banyak orang merugi karena ketidaktahuan sederhana ini.

Tidak Menggunakannya Sama Sekali

Bank
Ilustrasi Kartu Kredit: unsplash.com/Stephen

Ada banyak orang yang sama sekali tidak menggunakan kartu kreditnya untuk menghidari pembayaran suku bunga dan biaya lain yang sehalan dengan penggunaan kartu kredit. Namun, ini sama sekali bukan ide yang cerdas jika kartu kredit menjadi tidak aktif selama berbulan-bulan. Penyedia kredit dapat menganggap dirimu tidak aktif dan akhirnya menutup fasilitas kreditmu.

Ini mungkin tidak tampak seperti masalah besar tetapi langkah ini sebenarnya akan tercermin dalam laporan kreditmu dan pada akhirnya akan memengaruhi situasi keuanganmu dalam jangka panjang. Menggunakan kartu kredit memiliki beberapa keuntungan. Dirimu bisa mendapat beberapa penawaran cashback dengan menggunakan kartu kredit tesebut, sedangkan kredit yang tidak aktif tidak akan mengungkanmu sama sekali.

Menggunakan Kartu Kredit untuk Penarikan Tunai

Menggunakan kartu kredit untuk penarikan tunai, akan membuat tingkat suku bungajauh lebih tinggi dibandingkan saat kartu kredit digunakan untuk transaksi pebelian atau lainnya. Menggunakan kartu krdit seperti kartu debit tidak disarankan dan sangat berisiko. Hanya gunakan metode ini jika terjadi keadaan darurat atau dirimu akan terbiasa dengan metode ini dan sering menggunakannya yang dapat merugikan keuanganmu.

Menggunakan kartu kredit bisa menjadi bentuk keistimewaan mengingat ada perusahaan yang menawarkan hadiah cashback saat dirimu terus menggunakannya. Tetap kendalikan atas penggunaan kartu kredit dengan baik untuk menghindari tagihan yang besar.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓