Laura Basuki Gunakan Contactless di Tengah Pandemi Covid-19, Apa Manfaatnya?

Anisha Saktian Putri18 Sep 2020, 13:00 WIB
Diperbarui 18 Sep 2020, 13:05 WIB
Laura Basuki. (Foto: Instagram @laurabas)

Fimela.com, Jakarta Masa pandemi Covid-19 membuat kehidupan berubah, mulai dari menjaga kesehatan lebih ketat hingga kebiasaan berbelanja.

President Director PT Visa Worldwide Indonesia, Riko Abdurrahman mengatakan tren belanja kini mulai berubah menjadi digital akibat Covid-19. Mulai dari belanja online, transaksi online, hingga digital money.

"Bukan hanya konsumen, kini pelaku bisnis juga memilih untuk berjualan online dan transaksi online atau contacless," ujarnya dalam acara Visa dan Bank Mandiri dorong adopsi kartu contactless sebagai cara membayar yang aman dan praktis.

Berdasarkan studi terbaru Visa, 62 persen konsumen Indonesia memilih membayar menggunakan kartu kredit, kartu debit, dan aplikasi mobile, dibandingkan uang tunai, saat berbelanja kebutuhan esensial di toko akibat pandemi.

"Konsumen menjadi lebih terbiasa dengan perdagangan yang serba digital dan menggunakan pembayaran contactless untuk kebutuhan sehari-hari mereka," tambahnya.

Aktris Laura Basuki menjadi salah satu yang memanfaatkan belanja digital. Ia mengatakan faktor higienis menjadi hal utama yang dipikirkan saat ini.

"Karena pandemi, saya sangat mengutamakan belanja online dalam memenuhi kebutuhan keluarga saya yang sifatnya insidentil," ujar Laura.

Pembayaran concactless

Pembayaran concactless Visa dan Mandiri
Pembayaran concactless Visa dan Mandiri

Laura juga tetap keluar rumah ketika belanja bulanan dan membeli bensin. Namun tetap memerhatikan protokol kesehatan dan keamanan. Dan terpenting menurutnya mencari toko yang dapat menerima pembayaran contactless demi memastikan pembelian dan pembayaran yang aman dan tanpa hambatan.

"Ada saatnya juga saya masih harus keluar rumah, saya mencari toko yang dapat menerima pembayaran contactless jadi tidak perlu memberikan kartu kepada penjaga kasir atau pun memasukkan nomor PIN, sehingga memastikan keamanan diri sekaligus informasi pembayaran saya," tambah Laura.

Kini, para pemegang kartu Mandiri Visa contactless hanya perlu tap kartu mereka di kasir untuk transaksi hingga Rp 1 juta tanpa perlu otentikasi PIN.

Beragam kartu Mandiri Visa contactless juga menawarkan level keamanan tertinggi yang diberikan oleh kartu berbasis chip EMV. Setiap transaksi juga dilengkapi dengan kode sekali pakai (one time password), spesifik per transaksi, sehingga melindungi informasi pembayaran yang sensitif.

"Kini semua kartu berlogo Visa yang diterbitkan oleh Bank Mandiri telah mencapai 1,2 juta kartu dan seluruh tipenya telah dilengkapi teknologi contactless," ujar Senior Vice President Credit Card Group PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Lila Noya.

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓