Mengukur Aktivitas Paling Berisiko Tinggi sampai Rendah untuk Dilakukan selama Pandemi

Annissa Wulan29 Sep 2020, 08:30 WIB
Diperbarui 29 Sep 2020, 08:30 WIB
Ilustrasi pesta

Fimela.com, Jakarta Pandemi masih berlangsung hingga saat ini dan tidak semua aktivitas diciptakan sama. Kamu mungkin pernah melihatnya, beberapa infografis bahkan berusaha memetakan aktivitas paling berisiko yang mendorong penyebaran virus.

Beberapa aktivitas yang dianggap paling berisiko dilakukan selama pandemi adalah klub malam, konser, pesta di dalam ruangan, bar di dalam ruangan, acara olahraga, dan tempat ibadah. Aktivitas lain yang juga dianggap memiliki risiko tinggi, namun tidak setinggi daftar di atas adalah menghadiri pernikahan atau pemakaman, berpelukan, berjabat tangan, melepas masker, pergi keluar dengan seseorang yang tidak dikenal, mengunjungi taman hiburan, dan makan di tempat prasmanan.

Aktivitas berisiko menengah untuk dilakukan selama pandemi adalah menginap di hotel, mengadakan pesta makan malam dalam ruangan kecil, menggunakan kolam renang umum, mengunjungi pusat perbelanjaan, potong rambut, naik pesawat, dan menyekolahkan anak. Sedangkan aktivitas yang dinilai berisiko rendah dilakukan selama pandemi adalah membeli makanan untuk dibawa pulang, berolahraga di luar ruangan, bermain tenis, bermain golf, pergi ke pom bensin, dan berkemah.

 

Aktivitas yang dinilai berisiko rendah untuk dilakukan selama pandemi

Ilustrasi pesta
Ilustrasi pesta. Sumber foto: unsplash.com/Alasdair Elmes.

Aktivitas yang dinilai berisiko rendah lainnya adalah pergi ke pantai, berbelanja makanan, makan di luar ruangan, dan road trip. Ada banyak faktor yang harus kamu pertimbangkan, seperti berapa banyak orang, seberapa dekat kontak antar orang, berapa lama mereka terpapar satu sama lain, dan apakah mereka berada di dalam atau di luar ruangan.

Berada di dalam sebuah ruangan dengan banyak orang yang saling berdekatan, ventilasi buruk, dan lingkungan yang relatif dingin akan sangat berisiko. Apa kamu masih suka ke tempat yang ramai orang, Sahabat FIMELA?

Saksikan video menarik setelah ini

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓