Memahami Perbedaan Ar Rahman dan Ar Rahim dalam Asmaul Husna

Karla Farhana22 Sep 2020, 15:00 WIB
Diperbarui 22 Sep 2020, 15:00 WIB
[Fimela] masjid

Fimela.com, Jakarta Dalam Asmaul Husna, terdapat dua nama atau sifat Tuhan yang memiliki arti mirip; Ar Rahman dan Ar Rahim. Banyak orang menganggap keduanya merupakan suatu sifat serupa. Namun, tentu saja ada pembedanya. 

Dalam buku Konsep Tuhan Menurut Islam karya Yasin T. Al-Jibouri, keduanya merupakan sifat Tuhan yang terdapat dalam Asmaul Husna yang mengingatkan manusia akan rakhmat-Nya, juga fakta kalau kebaikan-Nya untuk siapa yang dikehendaki-Nya. 

Sehingga, kebaikan dan rahmat-Nya mencegah keburukan menimpanya. Ar Rahman merupakan sifat Allah yang menunjukkan kalau hanya Dia yang dapat memberikan rahmat-Nya. Rahmat merupakan keinginan atau kekuatan kemauan untuk memberikan kebaikan kepada sesuatu yang statusnya jauh berada di bawah status si pemberi. 

Ar Rahim

[FImela] Masjid
Ilustrasi masjid | pexels.com/@davidmceachan

Sementara, Ar Rahim berasal dari kata rahmah yang berarti rahmat atau penyayang. Maka, Ar Rahim merupakan sifat Tuhan yang menunjukkan pemberi rahmat tidak terhingga. 

Selain kedua sifat ini, Islam mengajarkan Allah memiliki 97 sifat lainnya yang tidak hanya herus dihapal tetapi juga dipahami maknanya. Sehingga, kamu juga bisa mengaplikasikan masing-masing sifat tersebut dalam dirimu. 

#ChangeMaker

Simak Video Berikut

Lanjutkan Membaca ↓