Fimela Fest 2020: 6 Cara Berani untuk Menjadi Perempuan Independen

Vinsensia Dianawanti22 Sep 2020, 18:30 WIB
Diperbarui 22 Sep 2020, 18:30 WIB
kepribadian karakter zodiak

Fimela.com, Jakarta Sebagai makhluk sosial memang tidak bisa hidup sendiri. Kita tetap membutuhkan pasangan, teman atau kelompok sosial. Meski demikian, kita tetap bisa hidup secara independen dengan mengandalkan diri kita sendiri.

Darlene Lancer, MFT yang merupakan psikoterapis menyembut bahwa banyak orang yang tidak sepenuhnya mandiri. Melainkan membentuk perasaan dan perilaku di sekitar sesuatu yang eksternal.

Seakan seseorang membuat aturan yang berasal dari realitas, persepsi, pikiran, perasaan, opini, dan ingatan sendiri. Membuat kepercayaan diri sering tenggelam dan sulit mandiri.

Sebagai perempuan, penting untuk menjadi independen dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Tidak perlu menunggu waktu yang tepat untuk menjadi independen. Kamu hanya perlu memulainya dari langkah-langkah kecil berikut ini.

1. Kenali diri

Kamu tidak pernah bisa independen jika tidak tahu siapa dirimu. Untuk mengenal diri sendiri, disarankan untuk membuat jurnal dan merenungkan apa yang terjadi di sepanjang hari.

 

2. Tantang keyakinan dan asumsi

karakter zodiak
ilustrasi perempuan bahagia/photo created by svetlanasokolova - www.freepik.com

Seringkali pendapat kita begitu biasa sehingga kita bahkan tidak berhenti untuk melihat apa yang sebenarnya kita rasakan. Seringkali perspektif ini dibentuk oleh lingkungan eksternal dan orang-orang di sekitar kita. Mengevaluasi kembali persepsi kita tentang diri kita sendiri dan dunia.

3. Bersikap tegas

Menjadi tegas adalah cara yang ampuh untuk meningkatkan hidup. Ketegasan adalah keterampilan yang bisa kamu praktikkan. Itu berarti kamu menetapkan batasan yang sehat, belajar mengatakan tidak, menjelaskan kebutuhan dan perasaanmu.

4. Mulai buat keputusan sendiri

Salah satu cara untuk memudahkan kamu membuat keputusan adalah dengan menentukan bagaimana kamu ingin menghabiskan hari. Tanyakan apa yang kamu lakukan dan pertimbangan minat serta hobi pribadi.

5. Memenuhi kebutuhan sendiri

Identifikasi kebutuhan dan temukan cara untuk memenuhinya. Tanggapi setiap kebuthan dengan cara mudah dan menjadi tangung jawab sendiri.

6. Belajar menenangkan diri sendiri

Izinkan diri sendiri untuk mengakui dan merasakan perasaan. Luangkan waktu untuk mencari tahu apa yang menenangkan dan mendukung diri untuk lebih bahagia. Menjadi lebih otonom dengan sistem internal diri sendiri. Perlu diingat bahwa kita tidak akan pernah merasa puas dengan mengikuti impian orang lain. Hidup mandiri adalah satu-satunya cara untuk menemukan kepuasan sendiri.

Bicara soal berani untuk perempuan independen, Fimela Fest 2020 akan kembali hadir untuk membahas lebih lanjut soal topik ini. Daftarkan dirimu di sini!

 

Simak video berikut ini

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓