Cara Mudah Memulai Mencintai Diri Sendiri

Kezia Prasetya Christvidya23 Sep 2020, 13:50 WIB
Diperbarui 23 Sep 2020, 13:53 WIB
self love-kezo

Fimela.com, Jakarta Seringkali orang berpikir kalau mencintai diri sendiri itu sama saja dengan egois. Padahal sebenarnya mencintai diri sendiri itu sangat penting, sebelum kalian mencintai orang lain.

Menurut psikolog, mencintai diri sendiri sama saja dengan mengenali diri, memahami karakter diri sendiri, menerima kelebihan dan kekurangan diri sendiri.

Mencintai diri sendiri juga bisa memiliki banyak manfaat seperti menghindarkan pikiran negatif, mengurangi pikiran stres dan bisa membantu mengenal lingkungan. Yuk mulai belajar untuk mencintai diri sendiri, berikut cara-caranya yang dilansir dari berbagai sumber:

Berhenti Memikir Omangan Negatif Orang Lain Tentang Diri Kamu

ilustrasi cara mudah memulai mencintai diri sendiri/Marcus Aurelius/pexels
ilustrasi cara mudah memulai mencintai diri sendiri/Marcus Aurelius/pexels

Cara pertama mudah memulai mencintai diri sendiri, yaitu dengan berhenti mendengarkan omongan negatif orang lain tentang dirimu. Apalagi jika kata-kata yang dikeluarkan orang tersebut, terlalu mnghina dan merendahkan mu.

Kalau kamu terlalu sering memikirkan dan mendengarkan kata-kata negatif orang lain, hal tersebut akan membuat mu stres, pusing, tidak percaya diri dan menghakimi diri sendiri.

Walaupun harus berhenti mendengarkan omongan negatif, tetapi kamu harus tetap menerima kritik dan saran yang orang lain berikan untukmu. Sehingga kamu harus bisa memilih untuk mendengarkan sesuatu yang penting untuk dirimu atau tidak.

Berhenti Menyenangkan Orang Lain

ilustrasi cara mudah memulai mencintai diri sendiri/juliana stein/pexels
ilustrasi cara mudah memulai mencintai diri sendiri/juliana stein/pexels

Cara mudah memulai mencintai diri sendiri yang selanjutnya, yaitu dengan berhenti menyenangkan hati orang lain, sebelum menyenangkan hati dan pikiran diri sendiri.

Di dalam lingkungan pergaulan, pasti ada saja orang yang suka mengatur dan mengurusi hidup orang lain. Bahkan ada orang yang memaksa orang lain untuk menuruti semua keinginannya.

Hal yang harus kamu lakukan adalah tetap fokus dengan dirimu sendiri. Hanya dirimu yang tau apa yang kamu inginkan dan hal apa yang akan kamu lakukan. Selama hal dan keinginanmu adalah hal yang positif, lakukanlah hal tersebut dengan senang hati tanpa memikirkan orang lain.

Menerima Kesalahan Di Masa Lalu

ilustrasi cara mudah memulai mencintai diri sendiri/Ike louie Natividad/pexels
ilustrasi cara mudah memulai mencintai diri sendiri/Ike louie Natividad/pexels

Mencintai diri sendiri berarti harus memaafkan segala kesalahan masa lalu, melupakan kesalahan masa lalu, merelakan masa lalu dan menjadikannya pelajar untuk masa yang akan datang.

Terlalu memikirkan segala kesalahan pada masa lalu, bisa membuat beban pikiran untuk diri kamu sendiri. Suasana hati kamu akan sering murung, mudah emosi, cemas, marah dan menangis. Untuk itu belajar untuk menerima keadaan, meminta maaf untuk diri sendiri dan kembali berjalan maju.

Membuat Perubahan

ilustrasi cara mudah memulai mencintai diri sendiri/Reggienald Suarez/pexels
ilustrasi cara mudah memulai mencintai diri sendiri/Reggienald Suarez/pexels

Untuk membuat perubahan dengan diri sendiri, tentu saja kamu harus memiliki tekad dan motivasi yang kuat. Melakukan perubahan untuk diri sendiri yang lebih positif, merupakan salah satu cara mencintai diri sendiri.

Cara untuk melakukan perubahan untuk diri sendiri, contohnya bisa dimulai dengan mencari pekerjaan yang kamu sukai. Sahabat Fimela bisa berkarier di tempat kerja yang disukai. Dengan adanya perubahan yang positif, pikiran optimis dan tidak terpaksa, kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan dirimu dan bisa mendapatkan jabatan yang bagus.

Berpacaran dengan Diri Sendiri

ilustrasi cara mudah memulai mencintai diri sendiri/mentatdgt/pexels
ilustrasi cara mudah memulai mencintai diri sendiri/mentatdgt/pexels

Mencintai diri sendiri bukan berarti memiliki sifat egois atau kesepian. Mencintai diri sendiri sangat penting dilakukan, agar terhindar dari pikiran negatif, kepala pusing, stres, menyalahkan diri sendiri hingga melakukan bunuh diri.

Disela-sela rutinitas yang membuatmu suntuk, lakukanlah kegiatan untuk berpacaran dengan diri sendiri, atau yang biasanya disebut dengan me time. Menikmati waktu untuk diri sendiri ini, bisa membuatmu merasa lebih tenang, memahami diri sendiri dan menuruti keinginanmu yang tidak mungkin dituruti orang lain.

Berpacaran dengan diri sendiri bisa dimulai dari membeli kopi sendiri, pergi ke salon sendiri, menghabiskan waktu untuk berbelanja dengan diri sendiri, hingga makan makanan kesukaan.

Lanjutkan Membaca ↓