Fimela Fest 2020: Aseel Al-Hamad, Perempuan Pertama Jadi Pembalap F1 di Arab Saudi

Karla Farhana24 Sep 2020, 16:30 WIB
Diperbarui 24 Sep 2020, 16:30 WIB
[Fimela] Aseel Al-Hamad

Fimela.com, Jakarta Pangeran Mohammed bin Salman Al-Saud beberapa tahun lalu telah mencabut pelarangan mengebuat buat perempuan di Arab Saudi. Ternyata, keputusan ini bukan hanya membuka jalan bagi para perempuan untuk menjadi lebih mandiri dengan mengemudi mobil sendiri, tetapi juga angin segar bagi Aseel Al-Hamad. 

Federasi Otomotif Internasional (FIA) memilih Aseel sebagai perwakilan Arab Saudi di Komisi Motor Wanita. Pada 2017 lalu, Aseel menjadi perempuan pertama anggota Federasi Motor Arab Saudi. Kini, Aseel menjabat sebagai Saudi Arabia Representative of Women Motorsport. 

Terpilihnya Aseel sebagai perempuan Arab Saudi pertama di F1 menjadi sebuah simbol kesetaraan gender di negaranya. Meskipun begitu, belum banyak orang mengenal sosok Aseel lebih dekat. 

Aseel, dilansir dari Emirates Woman, merupakan salah satu sarjana desain interior permesinan lulusan Universitas Pangeran Sultan di Riyadh. Dia mengambil gelar MBA di Universitas Alfaisal. 

Mengawali Karier sebagai Pengusaha

Tahun 2009, Aseel mendirikan sebuah perusahaan mesin dan desain yang diberi nama IDegree Design. Perusahaan ini mengerjakan 40 proyek besar, termasuk desain perumahan dan komersial di Arab Saudi dan beberapa negara di kawasan Timur Tengah. 

Motorsport sebenarnya merupakan impian dan kecintaannya sejak lama. Terlahir dari keluarga yang sangat berkecukupan, Aseel mengaku kepada Forbes kalau motorsport merupakan hobinya. 

"Saya selalu menganggap motorsport sebagai hasrat dan hobi saya. Setiap akhir pekan atau libur panjang, saya akan bepergian dan mengambil kursus dan balapan. Ini yang saya lakukan. Hari Minggu, contohnya, saya tidak pernah menggunakannya untuk meeting, cuma supaya saya bisa menonton balap F1," katanya kepada Forbes. 

Kini, perusahaannya ini telah berulang tahun yang ke-10. Aseel Al-Hamad merayakan pertumbuhan perusahaan dan dirinya, mulai dari proyek pertama hingga kini sudah membangun 40 perumahan dan properti di Arab Saudi dan di kawasan Timur Tengah. 

Untuk tahu lebih lanjut topik seputar ini, daftarkan dirimu di sini dan dapatkan info terupdate FIMELA FEST 2020. Jangan sampai terlewat ya.

Simak Video Berikut

Lanjutkan Membaca ↓