5 Hal Ini dapat Dilakukan untuk Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental agar Lebih Bahagia

Gayuh Tri Pinjungwati25 Sep 2020, 16:15 WIB
Diperbarui 25 Sep 2020, 16:15 WIB
kesehatan mental

Fimela.com, Jakarta Sangat penting untuk memastikan dirimu merawat tubuh, pikiran dan jiwa dengan baik setiap hari, tidak hanya saat dirimu sedang sakit. Mempelajari cara makan dengan benar, mengurangi stres, berolahraga secara teratur dan meluangkan waktu saat membutuhkannya adalah cara yang dapat membantumu tetap sehat dan bahagia.

Jadikan Tidur Sebagai Rutinitas

Tidur dapat berdampak besar pada perasaan baik secara emosional maupun fisik. Tidak mendapatkan cukup makanan bahkan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang besar. Tapi, stres dan gangguan lain bisa merusak tidur kita. Mulailah dengan memikirkan rutinitas malam misalnya untuk tidak minum  kopi yang mengandung kafein mengurangi aktivitas di depan layar elektronik atau lainnya. Selanjutnya, pastikan kamar tidurmu adalah tempat terbaik bagimu mendapatkan istirahat yang cukup baik.

Makan dengan Benar

Makanan yang kita makan berpotensi untuk membuat kita tetap sehat atau berkontribusi pada penambahan berat badan atau penyakit seperti diabetes, tetapi juga dapat membuat pikiran kita tetap bekerja dan waspada. Mengonsumsi makanan yang tepat dapat membantu untuk meningkatkan daya ingat pada otak. Beberapa makanan untuk perawatan yang paling menakjubkan termasuk ikan berlemak, blueberry, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, dan brassica, seperti brokoli.

Olahraga

workout-kezo
ilustrasi olahraga/unsplash

Semua orang tahu bahwa olahraga itu baik untuk tubuh kita. Olahraga harian dapat membantumu baik secara fisik maupun mental, meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres dan kecemasan dan dapat membantu menurunkan berat badan. Mungkin akan sulit untuk pergi ke gym setiap hari, jadi cobalah melakukan olahraga lain seperti jalan kaki, tenis, atau yoga yang mungkin lebih mudah disesuaikan dengan jadwal harianmu. Hal terpenting adalah membuat rutinitas yang sesuai untukmu.

Menghabiskan Waktu di Luar Ruangan

Menghabiskan waktu di luar ruangan dapat membantumu mengurangi stres, menurunkan tekanan darah dan membuat pikiran lebih segar. Penelitian bahkan menunjukkan bahwa keluar rumah dapat membantu mengurnagi kelelahan, menjadikannya cara yang bagus untuk mengatasi gejala depresi atau kelelahan. Berada di luar ruangan juga dapat membantumu mendapatkan tidur lebih nyenyak di malam hari. Terutama jika melakukan aktivitas fisik, seperti berkebun, hiking atau berjalan di luar ruangan.

Jadwalkan Perawatan Diri

Mungkin sulit bagi kita semua untuk menemukan lebih banyak waktu. Tetapi sangat penting untuk merencanakan waktu perawatan diri secara teratur. saat-saat sendirian dapat membantumu merenungkan cara terbaik untuk maju dalam hidup. Momen bersama teman dan keluarga dapat membantumu merasa lebih terhubung dan santai.

Melakukan perawatan diri dengan baik akan memberikan manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Ini juga akan meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Tetap jaga kesehatan meski di rumah aja ya Sahabat Fimela!

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓