Punya Hobi Bersebrangan dengan Pasangan Justru Jadi Kunci Pernikahan Bahagia

Febi Anindya Kirana25 Sep 2020, 17:45 WIB
Diperbarui 25 Sep 2020, 17:45 WIB
pasangan menikah

Fimela.com, Jakarta Banyak faktor yang mampu membangun prnikahan bahagia. Mulai dari menjalin komunikasi yang terbuka dan jujur hingga punya hobi yang sama. Tapi benarkah hanya punya hobi yang sama saja yang bisa membuat pernikahan bahagia?

Lalu bagaimana dengan yang punya hobi berbeda? Nyatanya, penelitian membuktikan bahwa punya hobi yang berbeda bisa menciptakan kehidupan cinta yang lebih menyenangkan dan bahagia.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Marriage and Family tahun 2004 menemukan bahwa pasangan suami-istri yang memiliki hobi berbeda dan terpisah justru memiliki kebahagiaan pernikahan yang lebih menakjubkan.

Pernikahan bahagia jika punya hobi berbeda

pasangan menikah
ilustrasi pasangan menikah/Photo by Jonathan Borba on Unsplash

Alasan kuncinya adalah, keduanya menciptakan kehidupan pribadi mereka sendiri tanpa gangguan pasangannya. Baik suami maupun istri akan lebih menikmati waktu 'me time' mereka dengan baik ketika tidak didampingi satu sama lain.

Peneliti menemukan bahwa antara korelasi antara menemani pasangan dan kepuasan hidup secara pribadi justru tidak begitu baik ketika digabungkan. Setiap orang justru lebih puas dan menikmati waktunya sendirian melakukan hobinya masing-masing tanpa saling mengganggu, karena bagaimana pun selera setiap orang terhadap kegiatan yang menurut mereka menyenangkan bisa sangat berbeda.

Intinya, apa pun hobimu dan hobi pasanganmu, pastikan kalian memiliki waktu menikmati itu tanpa saling mengusik ya Sahabat Fimela. Ketika pasangan suami-istri tidak memiliki keluhan karena ia tak bisa melakukan apa yang ia suka, maka semakin baik tingkat kebahagian mereka dalam pernikahan.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓