4 Hal yang Perlu Dilakukan untuk Mengurangi Stres karena Keuangan

Gayuh Tri Pinjungwati28 Sep 2020, 14:15 WIB
Diperbarui 28 Sep 2020, 14:15 WIB
stres keuangan

Fimela.com, Jakarta Uang akan selalu ada dibenak sebagian besar orang. Bahkan uang dapat menyebabkan mereka merasa stres yang signifikan. Sementara ekonomi tampaknya menjadi lebih sehat, masalah keuangan pribadi masih menghkawatirka banyak orang. Tetapi, seperti kebanyakan stres kita sehari-hari, kekhawatiran tentang uang tentu bisa dikelola. Berikut ini adalah strategi sehat untuk mengelola stres selama masa keuangan yang sulit bagi pribadi dan keluarga.

Jangan Terlalu Panik

Ada banyak cerita negatif di koran atau televisi tentang keadaan ekonomi. Perhatikan apa yang terjadi di sekitarmu, tetapi jangan terjebak dalam sensasi kesuraman, yang dapat menyebabkan kecemasan tingkat tinggi dan pengambilan keputusan yang buruk. Hindari kecenderungan untuk bereaksi berlebihan atau menjadi pasif, cobalah untuk tetap tenang dan fokus.

Perhatikan Penyebab Stres

Perhatikan situasi keuanganmu dan apa yang menyebabkan dirimu stres. Tuliskan cara spesifik tentang pengeluaran atau mengelola keuangan dengan lebih efisien. Kemudian berkomitmen pada cara tertentu dan tinjau secara terarut. Meskipun dalam jangka pendek hal ini dapat menimbulkan kecemasan. Catat segala sesuatunya di atas kertas dan membuat rencana dapat mengurangi stres.

Kenali Caramu Mengatasi Stres yang Berkaitan dengan Uang

Ilustrasi stres
Ilustrasi stres. Sumber foto: unsplash.com/Jeshoots.

Dalam masa ekonomi sulit, beberapa orang lebih mungkin menghilangkan stres dengan beralih ke aktivitas tidak sehat seperti merokok, minum,berjudi atau makan secara emosional. ketegangan juga dapat menyebabkan lebih banyak konflik dan pertengakaran di antara pasangan. Waspadai perilaku ini, jika hal itu menyebabkan masalah bagimu, pertimbangkan untuk mencari bantuan dari psikolog atau klinik kesehatan mental sebelum masalah menjadi lebih buruk.

Ubah Masa Sulit Menjadi Peluang

Saat-saat seperti ini, meski sulit dapat menawarkan kesempatan untuk mengamati situasimu saat ini dan membuat perubahan yang diperlukan. Pikirkan cara tantangan ekonomi ini dapat memotivasimu untuk menemukan cara yang lebih sehat untuk mengatasi stres. Cobalah berjalan-jalan, ini cara yang murah untuk berolahraga dengan baik. Makan malam di rumahbersama keluarga tidak hanya menghemat uang, tetapi juga bisa membantu mendekatkanmu dengan keluarga. Pertimbangkan untuk mempelajari keterampilan baru. Ikuti kursus melalui perusahaan atau lihat sumber daya berbiaya rendah di komunitasmu yang dapat menghasilkan pekerjaan yang lebih baik. Kuncinya adalah menggunakan waktu ini untuk berpikir di luar kotak dan mencoba cara baru untuk mengatur hidupmu.

Nah, berikut tadi beberapa cara yang dapat dilakukan Sahabat Fimela saat mengatasi stres karena keuangan. Tetap temukan cara lain agar tidak mudah stres ya!

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓