FIMELA FEST 2020: 6 Cara Self Love agar Tidak Stres Selama Pandemi Covid-19

Anisha Saktian Putri28 Sep 2020, 16:02 WIB
Diperbarui 28 Sep 2020, 16:16 WIB
Self-Love

Fimela.com, Jakarta Covid-19 yang menyebar di seluruh dunia, termasuk Indonesia membuat stres. Hal ini dikarenakan ketakutan akan tertular, pembatasan aktivitas, hingga perekonomian menurun. 

Bahkan ketika bekerja di rumah, membuat pikiran semakin menumpuk. Bagaimana tidak, kita harus mengurus rumah, melakukan meeting online, hingga mendampingi anak sekolah. 

Agar tidak stres dan depresi, ada baiknya kita untuk self love atau mencintai diri sendiri.

Dengan begitu, dalam menjalani kehidupan pendemi kita semakin memiliki pemikiran positif, lebih percaya akan diri sendiri dalam melewati situatsi ini, hingga bersyukur akan hidup ini. Lalu bagaimana cara kita self love di masa pandemi ini? Mari simak ulasannya, melansir colorline.com.

1. Buatlah rencana

Tetap Menjadi Diri Sendiri
Ilustrasi Self Love Credit: freepik.com

Bacalah saran dari badan perlindungan kesehatan, ketika berpergian di tengah pandemi.  Buat rencana apa yang dilakukan jika di rumah saja. Bisa bercocok tanam, menambah skill masak, atau mencari permainan yang seru bersama keluarga. Buatlah rencana keuangan, jika ada hal yang tidak diingikan kamu memiliki dana darurat.

2. Jagalah kesehatan 

Mencintai diri sendiri bisa dilakukan dengan membuat tubuh tetap sehat. Mulai atur pola makan yang sehat, olah raga teratur, berjemur hingga minum vitamin. 

3. Kurangi stres

Pelajari cara menenangkan diri, mulai dari matikan lampu, kenakan masker wajah saat tidur, lihat buku dengan penuh warna, hingga menonton hal yang diinginkan. 

Pijat, mandi air panas atau dingin, dengarkan suara yang menenangkan, putar suara alam, lakukan meditasi terpandu, gunakan aromaterapi (aroma ini dapat membantu menghilangkan stres), menyalakan lilin beraroma, membakar dupa, menghirup udara segar. 

Mencicipi rasa yang kuat, makan perlahan, nikmati minuman hangat, nikmati makanan nostalgia.

 

4. Kurangi mencari informasi berlebih

[Fimela] Self Love
Ilustrasi Self Love | pexels.com/@hazardos

Informasi memang penting, namun jika terpapar terlaku banyak justru membuat sahabat Fimela kebingungan hingga stres. Sebaiknya mute grup whatsap yang menyebarkan informasi hoax, dan kurangi menonton berita yang hanya menakut-nakuti.  

5. Tidur Cukup

Tidur cukup membuat tubuh dan pikiran lebih sehat lho. Sebelum tidur, ada baiknya  berikan isyarat kepada tubuh bahwa inilah saatnya untuk beristirahat dengan melakukan ritual seperti menyalakan lilin aromaterapi dan menikmati mandi air hangat.Hindari layar setidaknya satu jam sebelum waktu tidur. 

Cahaya biru yang dipancarkan dari ponsel, tablet, dan layar TV membangunkan otak.  Aktifkan fungsi Night Shift di handphone atau filter cahaya biru atau lampu malam.

6. Makan makanan yang memperkuat sistem kekebalan tubuh

Dengan makan lebih banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan dan polong-polongan, dan lebih sedikit makanan olahan dan gorengan, dapat membuat tubuh lebih sehat.  Kurangi gula buatan yang dapat menurunkan sistem kekebalan, baik dalam sereal, soda, atau es krim.  Cobalah jeruk segar, stroberi atau ubi jalar sebagai gantinya.

Untuk tahu lebih lanjut mengetahui seputar self love, daftarkan dirimu di sini dan dapatkan info terupdate FIMELA FEST 2020. Jangan sampai terlewat ya.

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓