Usai Bermain di Taman, Bocah 6 Tahun Meninggal Akibat Amoeba Pemakan Otak

Karla Farhana29 Sep 2020, 20:00 WIB
Diperbarui 29 Sep 2020, 20:00 WIB
[Fimela] Otak

Fimela.com, Jakarta Warga Texas, Amerika Serikat, beberapa minggu ini digegerkan sebuah berita kematian bocah 6 tahun, Josiah Christopher McIntyre, akibat amoeba pemakan otak. Tragedi ini bermula ketika Josiah dan ibunya pergi ke sebuah taman. Josiah kemudian bermain-main dengan air mancur (fountain pod ) di taman dan kemudian mengeluhkan kepalanya yang sakit pada 3 September 2020. 

Sang ibu, Maria Castillo, mengatakan kepada CNN, kalau gejala yang dialami Josiah semakin parah. Suhu tubuh bocah tersebut kemudian naik drastis dan mengalami muntah-muntah. Hari berikutnya, Josiah dibawa ke Ruang Gawat Darurat dan menjalani tes flu, COVID-19, dan streptococcal pharyngitis. Namun, semua tes menunjukkan hasil negatif. 

Maria akhirnya mulai khawatir dengan gejala yang dialami sang buah hati. Pasalnya, meski sudah dibawa ke rumah sakit, gejala yang dialami Josiah tidak kunjung mereda. Hingga akhirnya, pada 6 September 2020, Maria membawa Josiah ke Texas Children's Hospital di Houston. Di rumah sakit tersebut, Josiah kemudian langsung masuk ke unit intensif neurologi dan menjalani sejumlah pemeriksan, termasuk CT scan. Hasilnya, otak Josiah mengalami pembengkakan dan kondisinya semakin parah. 

"Pada Senin tengah malam, mereka bilang (pembengkakan) terjadi karena adanya amoeba pemakan otak," kata Maria seperti dikutip dari CNN. Mereka menjelaskan, Maria melanjutkan, amoeba yang masuk ke dalam otak Josiah sangat langka. Amoeba yang disebut Naegleria fowleri ini saat itu mengakibatkan sebuah infeksi parah pada otak Josiah. Meski para tim medis dan dokter telah melakukan berbagai hal untuk menolong bocah malang terseut, dia meninggal dunia pada 8 September 2020 dan kemudian tubuhnya diotopsi untuk pemeriksaan lebih lanjut. 

Amoeba Ditemukan pada Pasokan Air

Kasus kematian Josiah ini kemudian mendorong pemerintah Texas melakukan investigasi lebih lanjut terkait amoeba pemakan otak. Washington Post menulis, Gubernur Texas Greg Abbott mengumumkan kasus amoeba pemakan otak ini sebagai sebuah bencana di Brazoria County. Para peneliti dan anggota pemerintah menemukan amoeba di sistem pasokan air lokal. 

"Negara bagian Texas mengambil tindakan cepat untuk menanggapi situasi dan mendukung masyarakat yang sistem airnya terkena dampak amoeba ini," ungkap Abbott seperti dikutip dari Washington Post. Abbott juga mengimbau warga Texas untuk mengikuti protokol yang sudah ditetapkan pemerintah setempay dan melakukan tindakan pencegahan yang tepat untuk melindungi kesehatan dan keselamatan hingga keadaan air keran lokal aman untuk digunakan kembali oleh masyarakat. 

#ChangeMaker

Simak Video Berikut

Lanjutkan Membaca ↓