Fakta Baru, Menggunakan Penahan Bisa Kurangi Efektivitas Penggunaan Masker

Vinsensia Dianawanti14 Okt 2020, 08:30 WIB
Diperbarui 14 Okt 2020, 08:30 WIB
ilustrasi berlibur tetap menggunakan masker/pexels

Fimela.com, Jakarta Kewajiban menggunakan masker saat berada di luar ruangan perlahan kini menjadi sebuah kebiasaan. Meski belum semua orang terbiasa, ada saja orang masih merasa tidak nyaman menggunakan masker. Terutama bagi mereka yang menggunakan kacamata ataupun memiliki bentuk wajah cukup lebar.

Bagi para pengguna kacamata, menggunakan masker kerap membuat kaca menjadi berembun. Selain itu banyak orang yang harus menaikkan volume suaranya saat bicara menggunakan masker. Sehingga muncul sebuah inovasi yakni penahan masker yang memberi jarak antara mulut dan hidung dengan masker.

Sekilas penahan masker merupakan solusi praktis di tengah masalah yang terjadi saat menggunakan masker. Namun sebuah fakta yang dilansir dari Purewow menggunakan penahan masker bisa membuat efektivitas masker menjadi berkurang.

Penahan masker sendiri merupakan bingkai penyangga silikon tiga dimensi yang dikenakan di balik masker. Menjauhkan kain dari wajah sehingga membuatmu lebih mudah bernapas dan berbicara tanpa kata-kata yang teredam.

 

Hati-hati menggunakannya

Ilustrasi pakai masker | Maksim Goncharenok dari pexels
Ilustrasi pakai masker | Maksim Goncharenok dari pexels

Pencarian penahan masker ini menjadi populer di platform e-commerce. Mereka menawarkan penahan masker dengan klaim menyangga masker agar tidak turun serta meminimalisir kacamata berembun.

Beberapa orang yang telah menggunakan penahan masker ini merasa masker menjadi tidak basah dan lembap. Namun mengingat penahan masker ini masih baru belum ada cukup data dan penelitian untuk menentukan mereka efektif atau tidak untuk melindungi dari virus.

Jika kamu tertarik untuk menggunakan penyangga masker ini, kamu perlu berhati-hati menggunakannya. Pastikan penahan masker ini tidak membuat celah hidung, mulut, dan dagu. Jika ada celah sudah pasti akan membuat masker yang kamu gunakan tidak lagi efektif.

Oleh karena itu, beberapa orang ada yang menjahit penahan masker di maskernya secara langsung dan menggunakan selotip untuk mengencangkan penahan karena tidak disarankan membuat lubang pada masker kain. Ada juga penahan yang dilengkapi dengan klip untuk menahan lipatan dalam masker.

Penahan masker
Penahan masker (Foto: instagram/3d.4u)

Simak video berikut ini

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓