Berapa Lama Baiknya Merebus Wortel agar Tidak Kehilangan Nutrisinya?

Febi Anindya Kirana15 Okt 2020, 10:45 WIB
Diperbarui 15 Okt 2020, 10:45 WIB
merebus wortel

Fimela.com, Jakarta Ketika memasak wortel, kemungkinan banyak yang berpikir berapa lama sebaiknya wortel dimasak sehingga nutrisinya tidak hilang? Salah satu cara memasak wortel yang sering dilakukan adalah dengan merebusnya.

Dikatakan ahli nutrisi Charlotte Morrison dalam Queensland Health, waktu terbaik merebus wortel sehingga tidak kehilangan gizinya adalah ketka teksturnya tidak menjadi terlalu empuk dan lembek serta warna air rebusannya berubah orange.

Dia menjelaskan bahwa nutrisi yang larut dalam air, seperti vitamin C, vitamin B atau folat, dapat larut dari sayuran saat dimasak di dalam air. 

Waktu merebus wortel

Wortel
Ilustrasi Wortel Credit: pexels.com/Mali

Ketika air rebusan sayur, entah itu brokoli atau wortel berubah warna hijau atau orange, itu tanda bahwa ada vitamin yang hilang di dalam air. Jadi, jika Anda merebusnya secara berlebihan, Anda akan kehilangan sebagian nutrisinya. Lalu berapa lama sebaiknya merebus wortel?

Ia menyarankan untuk tetap memerhatikan wortel ketika dimasukkan ke dalam air panas. Ketika sayuran sudah mulai berwarna pekat lebih cerah namun airnya belum berubah, saat itulah angkat sayuran, mungkin sekitar 2 menit, tergantung ketebalan wortel yang direbus.

Akan lebih baik jika tidak memasak sayuran dengan api besar karena lebih mudah mendidihkan air dan merusak vitamin dan nutrisi di dalam sayuran, termasuk wortel.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓