5 Tips Membuat Odading yang Mengembang, Renyah di Luar dan Lembut di Dalam

Febi Anindya Kirana18 Okt 2020, 07:15 WIB
Diperbarui 18 Okt 2020, 07:15 WIB
roti goreng odading

Fimela.com, Jakarta Akhir-akhir ini roti goreng atau sering juga disebut dengan odading sedang naik daun. Banyak yang penasaran bagaimana caranya membuat oadading sendiri di rumah yang enak, mengembang, renyah di luar tapi juga lembut di dalam. Berikut sekian tips membuat kue khas Sunda ini.

1. Gunakan ragi baru

Bahan penting untuk membuat odading yang mengembang adalah ragi yang baik dan masih aktif. Campurkan ragi dengan air hangat dulu untuk mengetahui apakah ragi yang akan digunakan masih aktif. Jika mengembang, ragi masih bisa digunakan.

2. Air hangat untuk menguleni

Bukan hanya untuk mengaktifkan ragi, air untuk menguleni adonan juga menggunakan air hangat. Air hangat mempecepat adonan yang diuleni kalis. Jika ingin odading lebih lunak, gunakan air agak banyak sehingga adonan tidak terlaku padat atau keras.

3. Diamkan adonan

odading wijen
Ilustrasi odading./Copyright shutterstock.com/g/Nur+El+Imany

Pastikan memberikan waktu adonan untuk mengembang atau proofing selama kurang lebih 40 menit. Tempatkan di area gelap di dapur, tutup wadah adonan agar tidak kehilangan kelembapan, dan agar ragi cepat mengembangkan adonan.

4. Lapisi dengan tepung kering

Setelah mengembang dan dikempiskan seperlunya, potong-potong adonan menjadi kotak-kotak. Setelah menambahkan biji wijen, sebelum menggoreng adonan sebaiknya taburi dengan sedikit tepung bagian luarnya agar kripsi dan renyah setelah digoreng.

5. Goreng dengan minyak panas dan api kecil

Pastikan api tidak terlalu besar saat menggoreng odading. Jangan sering dibalik agar tidak terlalu banyak menyerap minyak. Cukup balik sekali keltika odading sudah tampak kecokelatan.

Itu dia sekian tips yang bisa diterapkan jika ingin membuat odading yang mengembang, lembut di dalam dan renyah di luar.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓