Penelitian Menemukan, Ini 3 Cara Paling Efektif Sembuhkan Patah Hati

Febi Anindya Kirana25 Okt 2020, 11:15 WIB
Diperbarui 25 Okt 2020, 11:15 WIB
patah hati

Fimela.com, Jakarta Patah hati memang memiliki pengaruh yang sangat besar dalam hidup setiap orang yang mengalaminya. Jatuh cinta mungkin mengajarkan perasaan bahagia namun patah hati juga mengajarkan bahwa kebahagiaan dalam cinta bisa jadi tidak abadi.

Tidak sedikit orang yang merasa kesulitan sembuh dari rasa patah hati. Namun sebuah penelitian yang yang diterbitkan dalam Journal of Experimental Psychology: General menemukan bahwa ada tiga cara paling efektif untuk melupakan patah hati.

Cara tersebut adalah berpikiran negatif terhadap pasangan, menilai kembali perasaan cintamu, dan mencari kesibukan untuk mengalihkan perhatian.

3 Cara Melepaskan Patah Hati

patah hati
ilustrasi perempuan/copyright Unsplash/Amandine Lerbscher

Peneliti melibatkan 24 partisipan dengan rentang usia 20-37 tahun dan meminta mereka melakukan sekian hal tersebut. Partisipan diminta memikirkan hal buruk apa yang membuatnya membenci mantan, karena semakin banyak kamu menemukan hal tak menyenangkan darinya, semakin mudah melupakan rasa cinta untuknya.

Cara kedua adalah mengevaluasi kembali perasaan cinta mereka. Kata-kata "Tak masalah aku masih mencintai orang yang sudah tak bersamaku." diubah menjadi melepaskan cinta itu untuk membuka kesempatan pada orang lain mendekat.

Cara ketiga adalah mencari kesibukan agar dapat mengalihkan perhatian dari rasa patah hati. Peneliti menemukan bahwa cara ini juga cukup efektif mengurangi rasa cinta dan patah hati yang dirasakan partisipan.

Setiap orang kemungkinan merespon setiap cara dengan reaksi yang berbeda, dan setiap orang memiliki cara tertentu sehingga membuat mereka mampu melupakan patah hati. Namun ketiga cara itulah yang dianggap paling efektif.

Kira-kira manakah cara yang tepat untukmu, Sahabat Fimela?

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓