Studi Membuktikan, Hidup Bertahun-Tahun dengan Pasangan Membuatmu Menirunya dalam Banyak Hal

Febi Anindya Kirana25 Okt 2020, 13:15 WIB
Diperbarui 25 Okt 2020, 13:15 WIB
pasangan bahagia

Fimela.com, Jakarta Ketika sudah menjalani cinta jangka panjang dengan seseorang seperti misalnya menikah, tak banyak orang yang sadar bahwa sebenarnya ia mulai meniru banyak hal dari pasangannya. Salah satu hal ditiru adalah tujuan hidup.

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Basel menemukan bahwa dalam jangka panjang, seseorang akan mulai menginginkan sesuatu seperti yang diinginkan pasangannya atau mulai menghindari sesuatu yang tak disukai pasangannya.

Efek ini dapat diamati baik terhadap laki-laki maupun perempuan, dengan usia berapa pun dan berapa tahun pun lamanya hubungan. 

Pasangan cinta akan mirip satu sama lain

menikah pasangan cinta
ilustrasi pernikahan bahagia/Photo by Trung Nguyen from Pexels

Penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Gerontology ini melibatkan 450 pasangan dengan usia rata-rata di bawah 34 tahun dengan rata-rata usia pernikahan hampir 10 tahun.

Penelitian menemukan bahwa ketika seseorang dalam hubungan cinta sedang menghindari sesuatu, maka pasangannya akan menghindari sesuatu yang sama dengannya. Begitu pula jika salah satu menginginkan sesuatu, maka yang lainnya pun mengikuti menginginkan hal yang sama.

Penulis penelitian Professor Jana Nikitin, menjelaskan bahwa perubahan unik ini bisa jadi merupakan mekanisme adaptif untuk menjaga stabilitas hubungan. Dengan tanda unik ini pula sebuah hubungan bisa bertahan dalam waktu lama.

Jadi, jika kamu kemudian menyadari bahwa apa yang kamu suka dan tidak suka jadi lebih mirip pasangan, tak perlu heran Sahabat Fimela. Itu tanda hubunganmu stabil dan tahan lama.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓