Isi Waktu Luang, Ikuti Sederet Tips Menata Makanan Jadi Cantik dan Berkhasiat

Karla Farhana22 Okt 2020, 10:30 WIB
Diperbarui 22 Okt 2020, 10:30 WIB
[Fimela] Kreasi Nasi Biru

Fimela.com, Jakarta Di tengah suasana yang tidak menentu ini, Sahabat Fimela tentu tetap harus menjaga kesehatan mental agar tidak terbebani dengan pandemi Corona yang belum juga berakhir. Salah satunya dengan menyalurkan hobi memasakmu di rumah. 

Memasak bukan hanya sekadar rasa dan takaran bumbu yang tepat. Lebih dari itu, memasak juga butuh seni untuk membuat tampilannya menggugah selera. 

Chef Benvi dari Novotel Tangerang memberikan tips dan trik mudah buat kamu yang ingin memasak nasi dengan tampilan unik. Namun, tetap saja menggunakan bumbu-bumbu dan bahan yang menyehatkan tubuh. 

Bunga Telang

[Fimela] Chef Benvi
Chef Benvi dari Novotel Tangerang membagikan tipsnya menata makanan menjadi cantik namun tetap menggunakan bahan yang berguna untuk kesehatan tubuh. | dok. Novotel Tangerang

Untuk memberikan sentuhan yang unik saat menyajikan nasi, Chef Benvi menggunakan bunga telang agar airnya menjadi biru. Dia merendam bunga telang terlebih dahulu di dalam air panas, sebelum memasak nasi dengan air tersebut. 

“Rendam bunga telang selama 3 sampai 5 menit di dalam air yang panas, nantinya warna dari bunga telang tersebut akan tercampur di dalam air. Setelah itu masaklah nasi dengan cairan bunga telang tersebut dan jangan lupa masukkan juga daun sereh agar wangi harum dan aromanya lebih kuat, masak nasi sekitar 10-15 menit, dan nasi pun siap disajikan,” ujar Chef Benvi.

Jangan asal memilih bunga telang. Chef Benvi menyarankan untuk memilih bunga telang yang segar. Kamu juga bisa menggunakan bunga telang kering, lho! “Bedanya adalah kalau yang segar itu, tidak bertahan lama, jadi kalau untuk disimpan lama, lebih baik beli yang sudah kering saja," katanya. 

Menurutnya, nasi yang dimasak dengan air rendaman bunga telang ini juga memiliki khasiat yang baik untuk tubuh. Seperti mengurangi risiko diabetes, kecemasan, mengandung antioksidan, dan bisa membuat tubuh dan pikiran rileks. 

“Ini bisa menjadi salah satu cara bagi Anda di rumah yang ingin memberikan hidangan yang lain dari biasanya, dan juga menerapkan hidup sehat melalui makanan yang kita konsumsi setiap harinya,’’ tutup Chef Benvi.

#ChangeMaker

Simak Video Berikut

Lanjutkan Membaca ↓