Fimela Fest 2020: 5 Cara Kembali Mencintai Diri Sendiri Setelah Putus Hubungan Cinta

Vinsensia Dianawanti21 Okt 2020, 17:30 WIB
Diperbarui 21 Okt 2020, 17:31 WIB
perempuan putus cinta

Fimela.com, Jakarta Putus hubungan cinta menjadi momen yang paling sulit bagi semua orang. Proses yang menyakitkan terasa melelahkan secara fisik dan batin. Banyak energi yang terkuras untuk menata diri kembali pasca putus hubungan cinta.

Bisa jadi malah kamu tenggelam dalam kebingungan dan obsesi terhadap mantan. Daripada memikirkan masa lalu yang tidak mungkin kembali, ini menjadi saatnya kamu untuk kembali melirik diri sendiri dan mulai belajar mencintai diri sendiri.

Dengan mencintai diri sendiri kamu tidak hanya menemukan dirimu yang hilang melainkan bisa membuat diri sendiri menjadi lebih baik. Bagaimana caranya?

1. Berikan ruang

Mulailah mencintai diri sendiri dengan melakukannya sedikit demi sedikit dan lebih banyak istirahat. Jangan dipaksakan. Lakukan hal-hal yang kamu suka dan temukan kembali apa yang kamu rasa hilang dari dirimu. Beri dirimu waktu untuk memikirkan dan menghubungkan kembali dengan dirimu sendiri. Buat jurnal, renungkan, dan resapi apa yang menjadi impianmu. Kamu akan menemukan betapa banyak energi yang bisa kamu dapatkan kembali. Tidak perlu terburu-buru menjalin hubungan baru. Sekali lagi, beri dirimu ruang.

 

2. Merayakan apa yang menjadikanmu unik

putus cinta
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Mangostar

 

Ini bisa menjadi cara yang sangat efektif untuk membantu dirimua kembali terhubung dengan identitasmu. Ini akan membawamu lebih dekat pada sumber kekuatan sejati yang ada pada dirimu. Sekaligus membangkitkan kembali kepercayaan diri.

3. Terhubung dengan perasaan terdalam

Terkadang otakmu tidak peduli dengan kebahagiaan melainkan hanya peduli untuk menjagamu merasa aman. Membuatmu enggan untuk terhubung dengan perasaanmu sendiri dan memilih mengabaikannya. Semakin banyak kamu melarikan diri, kamu akan terjebak pada perasaan jatuh dan kelam. Sangat penting untuk membiarkan diri terhubung dan menghormati perasaan. Meluangkan waktu untuk diri sendiri akan membuat kamu lebih sadar, tangguh, dan terbiasa.

 

4. Terhubung dengan apa yang kamu butuhkan

Percaya
Ilustrasi Perasaan Putus Asa Credit: unsplash.com/Max

Menjalin hubungan cinta terkadang membuatmu mengabaikan apa yang sebenarnya kamu butuhkan. Membuat kita menjadi tidak otentik agar pasangan kita menyukai kita. Pelajari kembali dirimu dengan pertanyaan "Siapa aku?", "Apa yang membuatku bahagia?", "Apa yang aku butuhkan?". Perlahan, penuhi jawaban dari masing-masing kebutuhanmu agar mampu menemukan dirimu yang utuh.

5. Berlatih berbagi kelemahan

Mencintai diri sendiri bisa dilakukan dengan memilih keaslian daripada kesempurnaan. Menjalin hubungan cinta membuatmu sulit menjadi dirimu apa adanya dan seolah kamu harus sempurna. Ini saatnya kamu berbagi kelemahan sebagai obat utama mengatasi kesepian. Untuk menemukan siapa dirimu sebenarnya butuh penerimaan diri yang besar. Di sinilah kamu bisa menemukan bahwa perpisahan justru menghadirkan peluang lain yang tidak kamu temukan dalam hubungan.

Untuk tahu lebih lanjut topik seputar ini, daftarkan dirimu di sini dan dapatkan info terupdate FIMELA FEST 2020. Jangan sampai terlewat ya.

Simak video berikut ini

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓