Sukses

Lifestyle

Sumpah Pemuda: Juragan Muda Aksesori Batu Akik Dapat Puluhan Ribu Orderan dan Berdayakan Ibu-ibu Komplek

ringkasan

  • Aseel Abri, pemuda asal Bekasi berusia 21 tahun sukses bisnis batu akik
  • Aseel memberdayakan lingkungannya dengan memberdayakan ibu-ibu komplek sekitar rumahnya diajak untuk ikut menjadi karyawan

Fimela.com, Jakarta Batu akik identik dengan koleksi perhiasan berupa cincin dengan beragam jenis batu. Aseel Abri, pemuda asal Bekasi berusia 21 tahun pemilik bisnis Bacter OnlineShop, berhasil memanfaatkan hal ini dan menjadi juragan batu akik online. Dengan pertumbuhan bisnis 1200%, ia sukses memberdayakan ibu-ibu komplek sekitar rumahnya untuk bisa mandiri.

Aseel Abri pertama kali mendengar tentang bisnis di ecommerce di tahun 2015, saat pemuda Gen Z kelahiran tahun 1998 ini masih siswa SMA. Saat itu, orangtua Aseel sedang berupaya untuk bisa berjualan di e-commerce tanpa memiliki pemahaman apapun mengenai apa itu e-commerce ataupun cara berjualannya.

“Saat itu, saya bermaksud membantu Ibu berjualan saja, karena Ibu menganggap saya anak muda yang lebih paham segala sesuatu yang berhubungan dengan berjualan online,” kata Aseel.

Saat itu Aseel dan ibunya secara rutin menghadiri semua kegiatan yang dilakukan oleh e-commerce, mulai dari kegiatan akbar, komunitas, seminar sampai mendatangi sellers-sellers yang dianggap sudah sukses demi mendapatkan masukan berharga dari mereka.

Sebagai anak muda, Aseel merasa tampil menarik itu penting namun mengalami kesulitan mencari aksesori yang pas untuk anak muda untuk tampil gaya. Karena itu, Aseel memutuskan untuk membuat sendiri aksesoris anak muda yang keren dan cocok untuk dirinya dan teman-temannya.

Aseel mendapatkan order pertama yang nilainya tidak lebih dari Rp. 15.000 saat memulai dengan menjual aksesori fashion di kalangan teman-teman sekolahnya. Order diantarkan ke gerai kurir 24 jam yang lumayan jaraknya dari rumah di malam hari.

“Order datang di sore hari. Semangat tinggi saya timbul dan karena tidak ingin mengecewakan pembeli serta memastikan pelanggan pertama puas dengan pengalaman saya, malam itu juga saya antarkan order ke gerai kurir di tengah hujan,” kata Aseel lebih lanjut yang kini sukses dengan bisnis batu akik.

Cerita bisnis batu akik

Dalam dua tahun pertama, Aseel masih membagi waktunya antara belajar di sekolah dan mempelajari ilmu e-commerce. Demi memberikan layanan dan produk terbaik, Aseel menyempatkan diri untuk mengunjungi Ternate untuk mempelajari batu khas Indonesia yang bisa dipasarkan secara online.

Semangat juang Aseel membawa hasil dan melalui berbagai upaya membina hubungan dengan masyarakat lokal. Ia menemukan Desa Loloda di Maluku Utara yang memiliki batu sangat khas dan hanya dapat diperoleh di desa tersebut. Sejak saat itu, produk batu dari Desa Loloda menjadi produk utama Bacter Online Shop.

Toko Bacter Online Shop menyediakan berbagai jenis batu akik dari segala penjuru Indonesia. Aseel menjadi mentor bagi para penambang batu di daerah-daerah termasuk membantu dan mengajarkan mereka cara berjualan dan memasarkan produk mereka secara online.

"Akan lebih banyak manfaatnya bila ilmu yang saya dapatkan bisa diterapkan juga oleh mereka, dan saya dengan senang hati berbagi ilmu karena saya berterima kasih kepada para senior-senior di e-commerce yang juga berbagi ilmu kepada saya di awal perjuangan saya dan ibu saya," paparnya.

Sejak lulus SMA pada tahun 2017, Aseel bertekad untuk 100 persen terjun menjadi penjual di e-commerce. “Bisa dibilang ecommerce adalah cinta pertama saya. Soalnya selain saya mendapatkan ilmu, pertemanan, pengetahuan tentang tren, saya juga bisa membagikan kebahagiaan saya kepada orang lain," tambahnya.

Tidak berhenti di cita-cita menjadi pengusaha sukses, Aseel juga berhasil memberdayakan lingkungannya untuk mendukung usahanya. Ibu-ibu komplek sekitar rumahnya diajak untuk ikut menjadi karyawan atau dibimbing menjadi penjual ecommerce juga. Mereka diajari untuk menganyam gelang, kalung, bros dan aksesori fashion lainnya.

Saat ini toko Batu Akik Bacter Online Shop sudah punya 10 karyawan full time, dan belasan ibu-ibu yang membantu produksi kerajinan tangan. Bulan September tahun 2019 lalu, order yang diterima masih dalam hitungan jari dan di September tahun ini, dalam satu bulan, Toko Batu Akik Bacter Online Shop mengirimkan puluhan ribu order ke pembeli di seluruh Indonesia dengan pertumbuhan bisnis 1200%.

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading