Bertema Restart, Ideafest 2020 Jadi Festival Kreatif Virtual yang Mendorong Industri Kreatif Beralih ke Digital

Vinsensia Dianawanti28 Okt 2020, 16:00 WIB
Diperbarui 28 Okt 2020, 16:00 WIB
Menggali Ide dan Inovasi Kreatif  di Masa Pandemi Lewat IdeaFest 2020

Fimela.com, Jakarta Setelah 9 tahun perjalanan Ideafest memberikan pengaruh yang cukup penting di industri kreatif Indonesia. Jika biasanya digelar sebagai sebuah festival besar secara offline, tahun ini Ideafest memilih hadir secara virtual akibat pandemi COVID-19 yang masih melanda Indonesia.

Meski diadakan secara virtual, tidak mengurangi semangat yang dibawa Ideafest sejak awal bagi industri kreatif. Diselenggarakan pada 5-15 November 2020, Ideafest 2020 mengusung tema "Restart" yang diikuti dengan berbagai program. Mulai Talks & Conference, IdeaSpark Forum, Virtual Experience Expo, Music, dan F&B.

Ben Soebiakto selaku CEO Samara Media & Entertainment menjelaskan tema Restart dipilih sebagai bentuk semangat dari para pelaku usaha kreatif untuk kembali menganalisa bisnis yang selama ini mereka kerjakan. Seakan momen pandemi ini menjadi waktu yang tepat bagi setiap pelaku usaha kreatif untuk mengevaluasi kembali bisnis model mereka.

"Waktu yang selama ini berlari begitu cepat, jadi tidak punya waktu untuk analisa bisnis. Dengan adanya pandemi kita punya banyak ruang dan waktu untuk memikirkan model bisnis yang tepat di masa pandemi. Berpikir dengan cara baru berbisnis. Semua sekarang dipaksa untuk beralih ke online. Kita semua akhirnya berpikir ulang apakah model bisnis selama ini terlalu kuno," ungkap Ben Soebiakto.

 

Menghadirkan beragam program

[Fimela] Dian Sastrowardoyo
Dian Sastrowardoyo acara IDEAFest 2019. (Adrian Putra/Fimela.com)

Ideafest 2020 menyediakan beragam akses informasi dengan beragam konten dan program yang bisa menginspirasi masyarakat. Sehingga dapat mendorong dan memberikan dampak ekonomi, termasuk keterlibatan anka muda dalam komunitas kreatif di Indonesia.

Ideafest 2020 juga berfokus pada pengembangan generasi muda. Hal ini dilihat bahwa industri kreatif Indonesia dibangun oleh generasi muda. Sehingga Ideafest menjadi wadah untuk mendapatkan informasi, pengembangan keterampilan, dan menciptakan kolaborasi. Salah satu program yang menyasar generasi muda adalah IdeaSpark Forum yang diselenggarakan pada 5-8 November 2020.

IdeaSaprk Forum menjadi ruang bagi generasi muda untuk dapat mengemukakan pendapat mereka yang mencakup 4 topik pembahasan. Yakni Masyarakat & Politik, Kesehatan & Kesejahteraan, Perubahan Iklim & Lingkungan, dan Pendidikan.

 

Diakses secara virtual

Agar tetap terhubung dan memenuhi aspirasi, Ideafest 2020 hadir dalam konsep virtual yang unik dan interaktif. Memberikan panggung virtual kepada figur kreatif untuk berbagi pengalaman, pengetahuan, dan ide-ide inspiratif.

Tahun ini menampilkan lebih dari 110 tokoh dan 6 program yang relevan bagi tren industri kreatif saat ini. Sehingga Ideafest 2020 dapat menjadi referensi terkini bagi pelaku kreatif dan kolaborasi lintas industri.

Untuk menghadiri festival kreatif virtual ini, kamu dapat membeli tiket dalam 2 kategori. Yakni Live seharga Rp200ribu dan Live and Reward seharga Rp450ribu. Dengan tiket Live and Rewind, kamu bisa menyaksikan kembali berbagai program dari Ideafest hingga 31 Desember 2020. Beberapa program Ideafest 2020 bisa diakses secara gratif. Seperti IdeaSpark Forum, program musik, experiential expo, F&B, dan beberapa sesi IdeaTalks

Simak video berikut ini

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓