5 Tips Liburan Aman dan Nyaman di Tengah Masa Pandemi

Karla Farhana22 Nov 2020, 17:00 WIB
Diperbarui 22 Nov 2020, 17:00 WIB
[Fimela] Travel

Fimela.com, Jakarta Memasuki penghujung tahun, banyak masyarakat yang sudah kangen berlibur. Namun, liburan di tengah pandemi masih menimbulkan pro dan kontra. Menurut Satgas Penanganan COVID-19, staycation di penginapan dalam kota atau liburan dari rumah bisa menjadi pilihan kehiatan yang lebih aman dan menyenangkan. 

Sementara itu, Digital Travel Entertainment Senior Lead Tokopeda Stefanus Abdipranoto mengatakan staycation bisa jadi pilihan. Liburan tetap bisa kamu lakukan selama memperhatikan dan menjalani protokol kesehatan.

Corporate Medical Advisor Tokopedia, Dokter Johny Sulistio, juga menyatakan pentingnya memastikan masyarakat untuk menjalani tes swab PCR atau rapid test sebelum liburan. Bukti hasil tes negatif sangat diperlukan maksimal 5 hari sebelum perjalanan. 

“Ketika menggunakan moda transportasi umum, sebaiknya memilih yang sudah menerapkan protokol physical distancing yang sesuai, yaitu 50% dari kapasitas penumpang. Juga memilih tempat dudukdekat jendela agar bisa mendapatkan ventilasi maksimal,” tambah Johny. Selain itu, Tokopedia juga memberikan beberapa tips agar kamu bisa berlibur di tengah pandemi dengan aman dan nyaman. 

1. Sehat

[Fimela] Traveling Eropa
Ilustrasi traveling ke Eropa | unsplash.com

Pastikan tubuhmu sehat. Jika kamu mengalami tidak enak badan, Johnny menyarankan untuk menunda perjalanan dan liburan. 

“Sebaiknya masyarakat sudah memastikan dirinya terlindungi dari penyakit sistemsaluran pernafasan, seperti dengan melakukan vaksinasi flu dan pneumococcus.”

2. Layanan Penunjang Kesehatan 

Jangan lupa kumpulkan informasi tentang lokasi staycation yang akan kamu huni. Lalu, pertimbangkan apakah lokasi dekat dengan keramaian atau tidak, serta protokol kesehatan yang diterapkan di lokasi. 

3. Terapkan Protokol Kesehatan 

Terapkan protkol kesehatan, mulai dari memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menggunakan hand sanitizer, dan jaga jarak. 

4. Hindari Kerumunan 

Juga, jangan lupa untuk menghindari kerumunan. Menginap di hotel atau akomodasi lain tidak menghilangkan peluang untuk bertemu dengan pengunjung lain seperti di lobby atau lift. Usahakan untuk selalu menjaga jarak 1-2 meter dari orang lain. 

5. Zona COVID-19

Jangan abaikan zona. Hindari mengunjungi tempat-tempat atau lokasi berzona kuning, merah, apalagi hitam. Disarankan untuk memilih lokasi liburan di area yang berzona hijau. 

“Ketika tiba di tujuan, sadar diri, bahwa kita mungkin sudah sempattertular di perjalanan. Usahakan selalu memakai masker selama 5 hari sejak kedatangan, agar tidakmenulari orang-orang di sekitar kita," jelas Johny. 

#ChangeMaker

Simak Video berikut

Lanjutkan Membaca ↓