Dari Miss Indonesia 2006, Kristania Virgina Besouw Jadi Tentara hingga Perawat di Amerika Serikat

Vinsensia Dianawanti23 Nov 2020, 11:30 WIB
Diperbarui 23 Nov 2020, 13:06 WIB
[Bintang] Kristania Virginia Besouw

Fimela.com, Jakarta Nama Kristania Virgina Besouw dikenal masyarakat Indonesia karena terpilih sebagai Miss Indonesia 2006. Lama tak terdengar kabar nama Kristania Virgina Besouw kembali muncul dengan karier baru sebagai seorang tentara sekaligus perawat di Amerika Serikat.

Tepat setahun setelah kemenangannya di Miss Indonesia 2006, Kristania meninggalkan Indonesia menuju Los Angeles. Ia pun menikah dengan pria lulusan kedokteran bernama Frank Piay dan menetap di Kansas.

Saat pergi ke Amerika Serikat, Kristania berangkat dengan visa turis dan kemudian diubah menjadi visa pelajar. Ia mengambil sekolah keperawatan di Kansas dengan biaya sekolah yang lebih murah daripada Los Angeles. Sebelumnya di Indonesia, ia sedang menempuh pendidikan di jurusan Ekonomi di sebuah universitas.

Kristania pun menyelesaikan pendidikan perawat dengan gelar Associate Degree in Nursing. Sayangnya, ia tidak lulus mendapatkan sertifikasi sebagai perawat karena tes yang sulit.

 

Menanggapi panggilan hati dengan menjadi perawat

Potret Kristania Virginia Besouw. (Sumber: Instagram/kristania)
Potret Kristania Virginia Besouw. (Sumber: Instagram/kristania)

Namun di saat yang sama, Kristania tertarik mendaftar sebagai tentara Amerika Serikat. Akhirnya ia mendaftarkan diri pada program Military Accesions Vital to National Interest pada 2014. Ini merupakan program militer khusus bagi orang-orang yang sekolah di Amerika Serikat.

Kristania pun resmi bergabung di militer Amerika Serikat sejak 28 Oktober 2014 dan harus mengikuti program tersebut kurang dari dua tahun. Pelatihan pun dilakoni Kristania hingga akhirnya ditempatkan di rumah sakit wilayah Texas sebagai Licenced Vocational Nurse selama empat tahun. Ini menjadi kesempatan Kristania untuk mendapatkan sertifikasi sebagai perawat.

Setelah lulus menjalani pelatihan tentara Amerika Serikat, Kristania pun berhasil meraih gelar Bachelor of Science in Nursing. Dengan menjadi perawat sendiri menjadi panggilan hati dari seorang Kristania Virginia Besouw. Ia sangat tertarik untuk membantu sesama terutama bagi mereka yang sakit.

Kini, Kristania Virginia Besouw bekerja dengan perawat ICU dan kerap menangani pasien COVID-19 di Texas Medical Center.

Simak video berikut ini

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓