Studi Membuktikan, Sentuhan Sederhana dari Pasangan Ini Ampuh Tenangkan Hati

Febi Anindya Kirana29 Nov 2020, 15:15 WIB
Diperbarui 29 Nov 2020, 15:15 WIB
pasangan bahagia

Fimela.com, Jakarta Ada banyak kekuatan yang bisa ditunjukkan rasa cinta dari seseorang kepada pasangannya, salah satunya adalah dalam hal menghadapi situasi stres atau kondisi tertekan. Tidak banyak yang tahu bahwa kontak fisik sederhana saja sudah bisa membantu menguatkan seseorang.

Sebuah penelitian tahun 2006 yang dilakukan di Universitas Virginia oleh psikolog Dr. James Coan, yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Science menemukan bahwa menggenggam tangan pasangan mampu menurunkan tingkat stres sangat tinggi terutama di situasi yang menegangkan dan penuh tekanan.

Memegang tangan suami ampuh tenangkan hati

cinta
ilustrasi menggenggam tangan/Photo by Ryan Franco on Unsplash

Peneliti melibatkan melibatkan 16 perempuan yang sudah menikah dan menjalani pernikahan bahagia yang sedang menghadapi situasi stres. Aktivitas aktivitas otak mereka dipantau menggunakan mesin f.M.R.I. Para perempuan ini diminta memegang tangan orang tak dikenal atau orang lain, kemudian memegang tangan suaminya.

Hasilnya sangat mengejutkan, ada perubahan jauh berbeda ketika perempuan yang mengalami stres memegang tangan orang lain yang tidak punya perasaan apa-apa dengan memegang tangan suaminya sendiri. Aktivitas otak menunjukkan bahwa tingkat stres jauh lebih rendah ketika mereka memegang tangan suaminya.

Memegang atau menggenggam tangan pasangan sekilas hanya jadi kontak fisik yang sepele namun sebenarnya memberikan efek sangat besar, terutama dalam memberikan perasaan nyaman, lebih tenang, menunjukkan dukungan dan rasa cinta. Itulah mengapa seseorang yang stres sebaiknya lebih sering memegang tangan pasangannya agar merasa tenang.

Terapkan dalam kehidupan pernikahanmu juga ya, Sahabat Fimela.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓