Sejarah Kelam di Balik Sejarah Thanksgiving

Karla Farhana29 Nov 2020, 13:00 WIB
Diperbarui 29 Nov 2020, 13:00 WIB
Thanksgiving

Fimela.com, Jakarta Bagi banyak orang Amerika dan Kanada, Thanksgiving merupakan momen berharga dimana mereka berkumpul dan makan malam bersama bareng keluarga. Kalkun panggang atau roasted turkey menjadi ikon yang sangat erat dengan perayaan ini. Namun, tahukah Sahabat Fimela kalau tidak semua orang merayakannya karena Thanksgiving memiliki sejarang yang kelam? 

The Independent melaporkan, Thanksgiving justru dianggap sebagai hari untuk berkabung bagi sebagian orang. Seperti Columbus Day, dimana hari libur nasional ini dianggap sebagai perayaan penaklukkan suku asli Amerika oleh para kolonial. 

Menurut Profesor Robert Jensen dari University of Texas di Austin mengatakan, kini masyarakat AS justru mengganti hari Thanksgiving sebagai Hari Perdamaian Nasional. Fenomena ini, menurutnya, justru merupakan sebuah indikasi kemajuan moral masyarakat AS. 

Saat merayakan Thanksgiving, orang Amerika sejak kecil diajarkan untuk membuat kerajinan tangan dan menggambar kalkun, Mayflower, dan juga para Peziarah (Pilgrim) dari Inggris yang datang Amerika Utara untuk menjajah. Anak-anak di sekolah juga diajarkan untuk menghias hiasan kepala suku Indian dengan tidak mencerminkan nilai-nilai budaya suku asli Amerika, mulai dari pakaian hingga bulu yang dikenakan para Wampanoag Indian. 

Perayaan Thanksgiving Pertama

Thanksgiving
Thanksgiving | pexels.com/@cottonbro

Kebanyakan orang Amerika percaya kalau perayaan Thanksgiving ini pertama kali dirayakan pada saat para Peziarah dan Wampanoag Indian menandatangani sebuah perjanjian timbal balik musim semi dan pesta untuk menghormati panen pertama mereka yang berhasil di tahun 1621 di Plymouth, Massachusetts. 

Namun, menurut para Peziarah, Thanksgiving pertama jatuh pada Juli 1623 dimana mereka meluangkan satu hari untuk berdoa dan sembahyang, Gubernur William Bradford bahkan mendeklarasikan kalau Thanksgiving dirayakan sebagai rasa terima kasih kepada hujan yang turun saat itu dan sehingga mereka bisa panen. 

Namun, sebagian orang lainnya di Amerika percaya kalau Thanksgiving pertama kali dirayakan sebelum 1619 di Virginia. Tahun 1863, Mantan Presiden Abraham Lincoln menetapkan Thanksgiving menjadi sebuah tradisi yang dan hari libur nasional yang dirayakan setiap tahun. 

#ChangeMaker

Simak Video Berikut

Lanjutkan Membaca ↓