Menurut Penelitian, Pekerjaan Seperti Ini Bisa Bikin Panjang Umur

Endah Wijayanti15 Jan 2021, 14:25 WIB
Diperbarui 15 Jan 2021, 14:25 WIB
perempuan bekerja keras

Fimela.com, Jakarta Bekerja merupakan sebuah kebutuhan. Kebutuhan untuk mencari penghasilan hingga kebutuhan untuk aktualisasi diri. Meski bekerja kadang menghadirkan tekanan dan stres yang tak bisa kita hindari, kita tetap butuh bekerja dalam rutinitas kita. Tapi tahukah bahwa pekerjaan yang tepat bisa meningkatkan peluang berumur panjang?

Kita akan bahas lebih dulu soal dampak bekerja berlebihan. Mengutip buku Mendaki Tangga yang Salah, bekerja berlebihan buruk bagi kita karena berkaitan dengan kurangnya olahraga, kurangnya kontrol dokter, dan kebiasaan merokok. Sebuah penelitian berjudul To Your Happiness? Extra Hours of Labor Supply and Worker Well-Being menunjukkan manfaat kesuksesan dari kerja yang berlebihan seringkali tergerogoti oleh negativitas terkait kebahagiaan dan stres. Akan tetapi, hal ini berubah jika kita menemukan pekerjaan yang bermakna.

Pekerjaan yang Bermakna

berkarier 20an
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Ada Penelitian Terman yang mengikuti orang-orang dari masa muda sampai akhir hidupnya. Kajian ini memungkinkan peneliti untuk melihat gambaran besar tentang hubungan antara bekerja keras dan karier yang bermakna. 

Seperti yang dilaporkan WSJ, "Mereka yang berkecimpung dalam pekerjaan yang bermakna dan bekerja dengan keras memiliki usia yang paling panjang." Pekerjaan yang bermakna berarti melakukan sesuatu yang,

1. penting bagi kita

2. dan sesuatu yang pandai kita lakukan.

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa jika kita melakukan hal-hal yang pandai kita lakukan (psikolog menyebutnya sebagai "kekuatan unik"), itu adalah kegiatan yang paling meningkatkan kebahagiaan. 

Lebih lanjut lagi dijelaskan pada sebuah hasil hasil yang dilakukan lembaga penelitian Gallup yang melaporkan, "Semakin banyak waktu yang dihabiskan orang Amerika dengan menggunakan kekuatannya untuk mengerjakan bidang di mana mereka ahli di dalamnya, semakin sedikit mereka berkata bahwa mereka merasa gelisah, tertekan, marah, sedih, atau mengalami nyeri fisik." 

Jadi, sudahkah kita menemukan dan menekuni pekerjaan yang bermakna? Semoga apa pun bidang pekerjaan yang kita pilih bisa menghadirkan manfaat dan kebahagiaan untuk kita semua, ya.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓