6 Jenis Upacara Pernikahan yang Perlu Diketahui

Gayuh Tri Pinjungwati20 Jan 2021, 18:15 WIB
Diperbarui 20 Jan 2021, 18:15 WIB
Pesta pernikahan

Fimela.com, Jakarta Upacara pernikahan merupakan hari yang bisa dikatakan sebagai momen terbaik bagi pasangan. Ini adalah hari yang dianggap sebagai hari di mana setiap pasangan saling terikat. Oleh karena itu, ini adalah hari yang harus direncanakan dengan baik. Penting untuk memahami dan mencintai pasangan sebelum melanjutkan pernikahan. Sahabat Fimela harus mempelajari cara-cara untuk meningkatkan hubungan dengan pasanganmu.

Pernikahan diartikan sebagai upacara di mana dua orang disatukan dalam pernikahan. Tradisi dan adat istiadat pernikahan sangat bervariasi antara budaya, kelompok etnis, agama, negara, dan kelas sosial. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis pernikahan yang perlu diketahu yang sering dilakukan di masyarakat pada umumnya.

Pernikahan Formal

Memegang erat tradisi kuno, pernikahan formal sesuai dengan ekspektasi sosial yang menuntut, termasuk layanan dan resepsi yang dilakukan secara rumit, banyak orang yang terlibat dalam hal ini, dan tentunya ada sejumlah tata cara yang perlu dilakukan. Pernikahan jenis ini biasanya dihadiri tidak kurang dari 100 tamu undangan saja.

Pernikahan Informal

Pasangan yang memilih pernikahan informal memiliki kebebasan untuk mengubah setiap aspek layanan pernikahan dan resepsi pernikahannya. Mereka biasanya berpegang pada beberapa praktik penting, menghasilkan perpaduan kedua tradisi dan menghasilkan sesuatu yang baru. Meski tidak terlalu rumit, pernikahan informal biasanya memiliki kesan yang jauh lebih menarik.

Upacara Keagamaan

pernikahan
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Juice Dash

Pernikahan agama terjadi di rumah ibadah yang ternyata kedua mempelai adalah anggota jemaahnya. Resepsi terjadi segera setelah saling mengucapkan sumpah, baik di ruang perjamuan gereja atau di lokasi terpisah.

Pernikahan Massal

Ini juga dikenal sebagai upacara pernikahan berkelompok, pernikahan berkelompok akan melibatkan banyak kekasih yang menikah secara sah pada waktu yang sama. Diselenggarakan oleh tempat pemerintah atau organisasi, pernikahan berkelompok adalah pilihan yang menarik bagi pasangan dengan anggaran terbatas yang ingin merayakan pernikahan mereka dengan cara yang sangat terbuka.

Pernikahan Ganda

Biasanya terdiri dari sahabat atau saudara kandung, pernikahan ini berlangsung dalam satu acara namun terdapat dua pasangan yang menikah. Selain sahabat, pernikahan ini bisanya terjadi bagi anak kembar yang telah sepakat melangsungkan pernikahan secara bersamaan.

Upacara Sipil

Pernikahan upacara sipil dilakukan di gedung pengadilan, balai kota, atau ruang hakim dan juga dipimpin oleh Hakim Perdamaian, hakim atau walikota. Upacara sekulernya singkat, dengan sumpah sederhana dan dihadiri beberapa tamu.

Nah, kira-kira ingin memiliki pernikahan jenis seperti apa nih, Sahabat Fimela?

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓