Kopi Lokal Rencanakan Ekspansi ke Malaysia dan Thailand

Karla Farhana22 Jan 2021, 10:00 WIB
Diperbarui 22 Jan 2021, 10:00 WIB
Kopi

Fimela.com, Jakarta Bagi orang Indonesia, kopi bukan minuman baru yang kembali menjadi tren di kalangan pecintanya. Namun, sederet anak muda mulai menciptakan inovasi baru untuk menyajikan dan menunjukkan cara menikmati kopi dengan cara baru dan kreasi lebih modern. Salah satunya, Kopi Kenangan

Startup di bidang kuliner ini tahun ini berencana untuk melakukan ekspansi ke Malaysia dan Thailand pada kuartal III dan IV di tahun 2021. Mengusung konsep grab and go, Kopi Kenangan menggunakan dana seri B sebesar 109 juta USD atau sekitar Rp1,62 triliun yang mereka dapatkan pada Mei lalu. 

[bacajuga:Baca Juga](4411767 4456540 4457062)

Menurut CEO Kopi Kenangan Edward Tirtanata, Kopi Kenangan tahun ini memang berfokus pada ekspansi ke luar negeri. Dengan membawa misi untuk memperkenalkan kopi asal Indonesia kepada para penikmat kopi di negara lain, Kopi Kenangan berharap kopi Indonesia dapat lebih dikenal lagi. 

Konsep Grand and Go

Kopi Kenangan
Tahun ini, startup kuliner Kopi Kenangan merencanakan ekspansi ke Malaysia dan Thailand.

Lantas, kenapa Thailand dan Malaysia yang dipilih sebagai negara sasaran untuk melakukan ekspansi? Edward menyampaikan dalam sebuah pertemuan daring Kopi Kenangan Editor Gathering, ada kemiripan dalam selera kopi antara Indonesia dan kedua negara tersebut. 

Studi yang dilakukan Kopi Kenangan menunjukkan, orang-orang Thailand dan Malaysia menyukai minuman dengan krim dan susu. Mirip dengan para penikmat kopi di Indonesia. Untuk itu, Edward mengatakan, pihaknya telah menyiapkan menu untuk di masing-masing negara tersebut. 

Selain kemiripan selera, Thailand dan Malaysia dinilai sudah siap dengan konsep grab and go yang selama ini diusung Kopi Kenangan. Edward dan timnya berharap, pandemi di Indonesia dan di dunia akan segera mereda sehingga mereka bisa menjalani ekspansi ini. 

Sebelumnya, ada begitu banyak pencapaian yang diraih Kopi Kenangan di tahun 2020 kemarin. Termasuk diadakannya akademi pelatihan barista yang berhasil melatih 10 ribu karyawan serta merekrut 1.500 barista. 

#eleveate women

Simak Video Berikut

Lanjutkan Membaca ↓