Ini 3 Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan

Fimela Editor25 Jan 2021, 08:00 WIB
Diperbarui 25 Jan 2021, 08:00 WIB
Ilustrasi Cuka Apel

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela, pernahkan mendengar cuka apel sering digunakan untuk kulit berjerawat ? Cuka apel ini juga banyak bermanfaat untuk kesehatan.

Cuka apel adalah fermentasi dari jus Apel yang sudah dihaluskan. Melansir dari medicenet.com, sama seperti jus Apel pada umumnya, cuka apel mengandung asam asetat dan nutrisi seperti vitamin B dan vitamin C. Cuka sari apel dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes dengan mengubah cara makanan diserap dari usus. Cuka sari apel dapat mencegah kerusakan beberapa kotoran. 

Melansir dari healthline.com, ini beberapa manfaat dari Cuka Apel yang harus kamu ketahui.

1. Mengurangi Diabetes

Penelitian awal menunjukkan bahwa mengonsumsi cuka sari apel dengan makanan meningkatkan sensitivitas insulin dan kadar insulin setelah makan pada orang dengan resistensi insulin. Cuka apel membantu menurunkan respons gula darah setelah makan.

Namun, orang tanpa diabetes juga bisa mendapatkan keuntungan dari menjaga kadar gula darah mereka dalam kisaran normal, karena beberapa peneliti percaya bahwa kadar gula darah yang tinggi adalah penyebab utama penuaan dan berbagai penyakit kronis.

2. Membunuh Bakteri

Apel
Ilustrasi apel | unsplash.com-Zenad Nabil

Zat utama dalam cuka - asam asetat - dapat membunuh bakteri berbahaya atau mencegahnya berkembang biak. Ini memiliki sejarah penggunaan sebagai desinfektan dan pengawet alami.

3. Menurunkan Berat Badan

Cuka Apel dengan kandungan asam asetat dapat menekan nafsu makan dan mengurangi lemak. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi cuka apel dengan takaran yang benar.

Mengonsumsi cuka apel bersama dengan makanan tinggi karbohidrat menyebabkan peningkatan perasaan kenyang, menyebabkan porsi kalori yang dikonsumsi sepanjang hari menjadi lebih sedikit .

Penulis: Adonia Bernike Anaya

#elevate women

Simak Video Berikut

Lanjutkan Membaca ↓