Menkes Sri Lanka Positif COVID-19 setelah Percaya Ramuan Dukun

Vinsensia Dianawanti25 Jan 2021, 12:30 WIB
Diperbarui 25 Jan 2021, 12:46 WIB
Tidak Mempercayai Hoaks

Fimela.com, Jakarta Menteri Kesehatan Sri Lanka Pavithra Wanniarachchi menjadi salah satu pihak yang sangat memercayai ramuan dukun untuk menghentikan penyebaran COVID-19 di negaranya. Namun disayang, justru Pavithra Wanniarachchi kini positif terinfeksi COVID-19 dan tengah menjalani isolasi mandiri.

"Hasil tes antigennya menyatakan positif pada Jumat (22/1/2020) waktu setempat, dia diminta untuk mengisolasi dirinya sendiri," ungkap seorang pejabat Kementerian Kesehatan Sri Lanka seperti dilansir dari AFP.

Dalam beberapa kali kesempatan, Wanniarachchi sangat gencar mempromosikan ramuan ajaib yang ia percaya mampu menangkal COVID-19. Bahkan ia pun tak ragu menenggak langsung ramuan tersebut di depan publik.

Belakangan diketahui ramuan yang ia minum mengandung madu dan pala yang diracik dari dukun setempat. Wanniarachchi mengklaim ramuan tersebut sangat ampuh untuk melawan COVID-19.

 

Membatalkan klaim ramuan herbal

Ilustrasi Covid-19
Ilustrasi Covid-19 (Foto: Shutterstock By CrispyPork)

Tidak hanya Wanniarachchi, menteri junior pun juga meminum ramuan yang sama dan juga dinyatakan positif COVID-19 pada awal pekan lalu. Para dokter Sri Lanka pun membatalkan klaim bahwa ramuan herbal itu berfungsi menangkal COVID-19.

Hingga kini Sri Lanka telah mendapati konfirmasi kasus positif COVID-19 sebanyak 57.587 dengan 280 kematian. Untuk penanganan COVID-19 di negara tersebut, pemerintah Sri Lanka telah menyetujui penggunaan darurat vaksin COVID-10 AstraZeneca-Oxford.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓