5 Hal Penting untuk Diketahui tentang Melakukan Yoga sebelum Tidur

Endah Wijayanti25 Jan 2021, 13:45 WIB
Diperbarui 25 Jan 2021, 13:45 WIB
yoga sebelum tidur

Fimela.com, Jakarta Kualitas tidur sangat memengaruhi kualitas hidup kita. Saat kita sudah mendapat tidur yang cukup dan berkualitas pada malam hari, maka akan lebih mudah bagi kita untuk beraktivitas tanpa merasa mudah letih. Hanya saja kadang masalahnya kita sulit tidur pada malam hari.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk bisa mendapatkan tidur yang lebih nyenyak adalah dengan melakukan yoga. Melansir laman healthline.com, melakukan latihan yoga pada malam hari bisa meningkatkan kualitas dan durasi tidur. Latihan ini bisa sangat bermanfaat bagi orang yang sulit tidur, mengalami insomnia, atau punya waktu sedikit untuk tidur. Ada beberapa hal penting lain yang perlu diketahui tentang yoga sebelum tidur. Langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

1. Yoga Bisa Bantu Atasi Insomnia

Melakukan yoga secara rutin dapat mengatasi gejala insomnia. Kita bisa tidur lebih cepat, lebih lama, dan cepat kembali tidur saat terbangun pada malam hari. Sebuah penelitian pada tahun 2019 menemukan betapa efektifnya yoga dan terapi tubuh-pikiran lainnya dalam mengatasi insomnia dan meningkatkan kualitas tidur yang lebih baik. Penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk menemukan penjelasan yang lebih dalam.

2. Yoga Bisa Bantu Menjaga Berat Badan

Latihan yoga yang konsisten berkaitan langsung dengan turunnya berat badan dan kualitas tidur. Melakukan yoga sebelum tidur bantu meningkatkan kualitas tidur dan memberi efek positif pada upaya menjaga berat badan. Tidur yang cukup dan berkualitas dapat membuat kita lebih berhati-hati dalam menjaga pola makan.

 

3. Dengarkan Kondisi Tubuh saat Melakukan Gerakan Yoga

yoga sebelum tidur
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/petrunjela

Tak ada banyak dampak negatif dari melakukan yoga sebelum tidur selama kita melakukan gerakannya dengan benar dan aman. Tapi jika kita merasa gerakan-gerakan yoga malah menstimulasi tubuh atau pikiran kita untuk terjaga, mungkin ada baiknya untuk menghindari. Khususnya bila masalah yang sedang dialami adalah insomnia atau sulit tidur. Sebagai alternatifny, kita bisa melakukan meditasi atau latihan pernapasan. Selalu dengarkan kondisi tubuhmu. Tak perlu terlalu keras memaksakan diri jika merasa kurang nyaman. Sebab kondisi tiap individu bisa berbeda satu sama lain.

4. Awali dengan Perubahan Kecil

Bagi yang masih baru akan memulai yoga sebelum tidur, ada baiknya untuk membuat perubahan kecil lebih dahulu. Misalnya, meluangkan waktu beberapa menit pada jam tertentu untuk mulai yoga. Buat target yang jelas dan lakukan dengan konsisten. Lakukan gerakan-gerakan yoga yang mudah lebih dulu. Bila sudah terbiasa dan merasakan manfaatnya atau dampak positifnya, maka kita bisa semakin rutin melakukannya atau meningkatkan intensitasnya.

5. Yoga sebelum Tidur Bisa Bantu Redakan Stres

Jika dilakukan dengan benar, gerakan-gerakan yoga bisa membuat tubuh merasa lebih rileks dan tenang. Tekanan darah bisa menurun dan kadar hormon kortisol berkurang. Stres mereda dan hal ini akan memudahkan kita untuk bisa cepat tidur.

Apabila punya masalah atau gangguan kesehatan yang dirasa mengkhawatirkan, ada baiknya untuk berkonsultasi ke dokter ya. Semoga informasi di atas bermanfaat.

 

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓