3 Strategi Agar Hidup Lebih Produktif ketika Dirimu Mulai Diterpa Rasa Malas

Anisha Saktian Putri27 Jan 2021, 11:00 WIB
Diperbarui 27 Jan 2021, 11:00 WIB
Bermalas-malasan/dok. Unsplash Adrian

Fimela.com, Jakarta Di tengah semua krisis yang terjadi sepanjang tahun 2020 hingga awal tahun 2021, banyak dari kita kesulitan dalam mencari cara untuk membuat diri sendiri lebih produktif. Berhenti merasa serba terbatas, tidak fokus, hingga dihantui rasa malas melakukan segala hal apapun.

Dilansir dari  forge.medium.com, jika sahabat Fimela mengalami penuranan dalam produktivitas, dan kerap dirundung rasa malas ada beberapa strategi yang diberikan oleh terapis ahli dan dapat diterapkan. Yuk kita simak langkah-langkahnya agar bisa tetap produktif.

1. Mengaktifkan rasa ingin tahu

Luangkan waktu untuk aktivitas yang menarik, menghabiskan waktu berbicara dengan orang yang menarik, hingga mencatat seluruh kegiatan harianmu.

2. Menemukan ketenangan

Memberi ruang pada hati untuk menguji strategi manajemen kecemasan. Belajar untuk tidak bergantung pada orang lain, dan mau meluangkan waktu untuk mengakses pemikiran sendiri tentang suatu situasi. Ingat, pastikan untuk fokus mengelola kecemasan sendiri, bukan kecemasan orang lain.

3. Menemukan objektivitas

perempuan sulung
Terlatih untuk tegar./Copyright shutterstock.com/g/leszekglasner

 

Menetapkan tenggat waktu yang realistis untuk diri sendiri. Jujur dengan orang lain tentang apa yang bisa dan tidak bisa lakukan.  Pilih dan fokus pada tugas yang paling penting. Jangan lupa tetapkan tujuan yang ada dalam kendalimu.

Tak satu pun dari strategi ini tentang mengubah dirimu menjadi mesin kerja. Ini semua tentang meningkatkan kemampuan untuk mempersiapkan diri menghadapi naik turunnya peristiwa kehidupan yang ada di luar kendali.

#elevate women

Lanjutkan Membaca ↓