5 Alasan Anak Perempuan Lebih Dekat dengan Ayahnya

Baiq Nurul Nahdiat23 Feb 2021, 11:15 WIB
Diperbarui 23 Feb 2021, 11:29 WIB
ayah dan anak perempuan

Fimela.com, Jakarta Saat seorang perempuan tumbuh dewasa, ia akan berinteraksi dengan banyak pria, tetapi satu-satunya pria yang akan selalu ada di hatinya adalah ayahnya. Hubungan ayah dan anak memainkan peran penting dalam perjalanan seorang perempuan menuju kedewasaan. Begitu juga saat mereka mengalami permasalahan, sebagian besar perempuan lebih mengandalkan ayahnya sebagai tempat bersandar yang paling aman.

Ternyata memang ada beberapa alasan yang membuat perempuan lebih dekat dengan ayahnya. Apa saja itu? Simak ulasan di bawah ini, ya, Sahabat Fimela!

1. Membutuhkan Keterlibatan Ayahnya

Seorang anak perempuan membutuhkan ayahnya untuk secara aktif tertarik pada hidupnya. "Tertarik secara aktif" tidak selalu mengacu pada percakapan panjang di antara keduanya. Namun, seorang ayah harus berpartisipasi dalam hobi dan aktivitas putrinya dengan menunjukkan minat. Misalnya, seorang anak berbakat dalam olahraga bola voli, maka ia menginginkan ayahnya menjadi penggemar dan pendukung yang antusias. Ia ingin ayahnya tertarik dan mau belajar lebih jauh tentang hidupnya.

2. Membutuhkan Dukungan dari Sosok Ayah

Ayah
Ilustrasi Ayah dan Anak Perempuan/copyright shutterstock

Meskipun seorang ayah mungkin tidak selalu setuju dengan putrinya, dia hanya ingin tahu bahwa ayahnya akan mendukungnya. Ketika seorang ayah dengan penuh dan sepenuh hati mendukung putrinya, dia akan mengembangkan harga diri yang kuat dan citra yang positif. Ini tidak berarti seorang ayah harus selalu setuju dengannya, mereka hanya ingin ayahnya selalu percaya padanya dan meyakinin bahwa mereka memiliki kemampuan.

3. Membutuhkan Cinta Tanpa Syarat

Seorang perempuan yang mendapatkan dukungan dari ayahnya akan lebih merasa percaya diri, karena mengganggap ayah adalah sosok yang kuat atau pahlawan dalam hidupnya. Begitu juga dalam hal cinta, ia menginginkan cinta tanpa syarat dari sosok ayahnya. Cinta tanpa syarat ini mengharuskan seorang perempuan tahu, betatpapun buruk kondisi yang dihadapi, tetapi ayahnya akan selalu ada di sampingnya, bukan untuk menjatuhkan tetapi selalu menerima keadannya.

4. Membutuhkan Sosok Pemimpin

ayah dan anak perempuan
ilustrasi ayah dan anak perempuan/copyright by asife (Shutterstock)

Seorang ayah harus menjadi kepala rumah tangga dan bertanggung jawab atas pendidikan anak-anaknya, karena itulah sejak dari kecil perempuan sudah memposisikan ayahnya sebagai pemimpin hingga ia dewasa kelak. Sehingga dalam mengambil keputusan apapun ia akan biasanya akan mengandalkan ayahnya, karena ia percaya ayahnya akan meberikan petunjuk yang tepat dalam hidupnya.

5. Membutuhkan Teladan yang Positif

Banyak anak perempuan dewasa ini tidak memiliki teladan pria yang positif dalam hidup mereka. Sosok ayah adalah pria pertama dalam hidup seorang perempuan yang akan sangat dia kenal. Bagi perempuan, ayah bisa menetapkan standar dan teladan yang positif untuk membantunya memilih suami yang baik di masa depan. Seorang perempuan tak akan segan meminta pendapat atau meminta ayahnya mengoreksi tentang hidupnya, karena saking pentingnya peran ayah sebagai teladan dalam hidupnya.

Itulah beberapa alasan seorang perempuan lebih dekat dengan ayahnya. Bagaimana denganmu, Sahabat Fimela? 

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓