Lakukan 5 Hal Ini agar Terhindar dari Risiko Kanker Payudara

Baiq Nurul Nahdiat24 Feb 2021, 18:35 WIB
Diperbarui 24 Feb 2021, 18:35 WIB
payudara perempuan

Fimela.com, Jakarta Ada begitu banyak alasan untuk menjadikan kesehatan Anda sebagai prioritas, Salah satunya adalah yang terkait dengan kesehatan payudara. Menjaga kesehatan payudara berarti menurunkan risiko terserang penyakit berbahaya, seperti kanker atau tumor.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan oleh Sahabat Fimela dalam menjaga kesehatan payudara.

Perhatikan Berat Badan

Perempuan yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas setelah menopause memiliki risiko 30-60 persen lebih tinggi terkena kanker payudara dibandingkan mereka yang kurus. Cara terbaik untuk mengetahui apakah dirimu memiliki berat badan yang sehat adalah dengan menghitung indeks massa tubuh (BMI) secara rutin.

Melakukan Aktivitas Fisik

[Fimela] lari
ilustrasi olahraga lari pagi | pexels.com/@mentatdgt-330508

Olahraga teratur juga diindikasikan dapat menurunkan risiko kanker payudara hingga 10-20 persen. Beberapa ahli kesehatan menyarankan agar melakukan aktivitas fisik selama 2,5 jam selama seminggu untuk menurunkan risiko kanker. Dirimu tidak perlu melakukan aktivitas berat dahulu, cukup lakukan aktivitas kecil, seperti naik tangga, bersepeda, berjalan atau berlari-lari kecil setelah bangun pagi selama 10-15 menit.

Tidak Mengonsumsi Alkohol

Para peneliti menemukan bahwa untuk setiap minuman beralkohol yang dikonsumsi per hari, maka dapat meningkatkan risiko kanker payudara sebanyak 7 persen. Jadi, sebaiknya tidak mengonsumsi alkohol dan menggantinya dengan minuman yang lebih sehat, seperti jus buah atau sayuran.

Melakukan Pijat Payudara

nyeri payudara hamil
Nyeri payudara saat hamil./Copyright shutterstock.com

Memijat payudara secara teratur juga dapat mengurangi risiko kanker payudara. Memijat payudara dapat dilakukan secara rutin setiap harinya untuk melancarkan peredaran darah pada payudara. Lakukanlah pijatan dengan gerakan teratur, seperti memutar atau dari atas ke bawah, pemijatan juga bisa dilakukan dengan menambahkan minyak zaitun.

Terapi Hormon Menopause

Batasi terapi hormon menopause (MHT, alias terapi hormon pascamenopause atau terapi penggantian hormon). MHT biasa digunakan untuk mengobati gejala menopause. Saat ini, para peneliti mengetahui bahwa MHT meningkatkan risiko kanker payudara, jadi hanya disarankan dalam dosis yang sangat rendah untuk periode waktu yang singkat.

Demikianlah beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan Sahabat Fimela untuk menjaga kesehatan payudara. Semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓