5 Bahan Alami Ini bisa Menghilangkan Bekas Jerawat

Baiq Nurul Nahdiat25 Feb 2021, 11:15 WIB
Diperbarui 25 Feb 2021, 11:15 WIB
Mencegah Jerawat Tumbuh

Fimela.com, Jakarta Sebagian besar orang yang berusia antara 11 dan 30 tahun mengalami jerawat karena berbagai faktor, seperti perubahan hormonal, stres, menstruasi, penggunaan kosmetik yang tidak cocok dan sebagainya. Jerawat bermula dari pori-pori yang tersumbat kemudian menjadi kemerahan dan menjadi bengkak akibat infeksi bakteri.

Biasanya setelah jerawat sembuh akan menimbulkan bekas luka pada wajah atau kulit, seperti noda hitam atau kecoklatan. Tak jarang, bagi sebagian orang bekas jerawat ini membuatnya merasa tidak nyaman karena dapat memengaruhi penampilan.

Teryata, ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan noda bekas jerawat pada kulit. Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan simak ulasan di bawah ini.

Serbuk Teh

Teh Hijau
Ilustrasi Teh Hijau Credit: pexels.com/fotografi

Serbuk teh diyakini bisa menghilangkan bekas luka, seperti bekas luka bakar atau bekas jerawat. Kandungan yang terdapat dalam serbuk teh ini memiliki sifat anti-mikroba dan anti-inflamasi. Kamu dapat mengaplikasikannya dengan cara menyeduh serbuk teh dengan sedikit air hangat, setelah meresap oleskan serbuknya pada bagian wajah atau kulit yang terdapat bercak sambil dipijat halus selama 10-15 menit. Serbuk teh ini juga dapat menghilangkan komedo dan menghaluskan kulit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukanlah secara berulang.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa selain dapat melembabkan kulit juga dan mengurangi bekas jerawat. Minyak kelapa cukup dioleskan pada noda jerawat sambil dipijit lembut, karena bahannya alami jadi bisa digunakan setiap hari. Namun, jika tipe kulitmu berminyak jangan menggunakannya secara berlebihan atau terlalu sering, ya, Sahabat Fimela.

Bubuk Kunyit

Memanfaatkan Kandungan Kunyit
Ilustrasi Kandungan Kunyit Credit: pexels.com/Then

Bubuk kunyit dapat mengurangi pertumbuhan bakteri karena sifat anti-inflamasi. Kandungan zat dalam kunyit juga membantu meregenerasi kulit dan mengurangi jaringan parut, seperti bekas luka bakar atau jerawat. Cukup campurkan seujung sendok bubuk kunyit dan sedikit air hangat kemudian aplikasikan pada noda jerawat, gunakanlah pada malam hari dan bersihkan keesokan harinya.

Cuka Sari Apel

Cuka sari apel yang diencerkan dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan mengurangi bekas jerawat. Namun, pastikan cuka sari apelnya diencerkan dengan baik saat penggunaan, karena cuka sari apel yang pekat dapat terasa panas pada kulit dan dapat memperparah luka bekas jerawat.

Lemon dan Madu

lemon
ilustrasi madu lemon/copyright unsplash/Anda Ambrosini

Lemon adalah bahan alami yang banya mengandung vitamin C. Vitamin C berperan dalam menjaga warna kulit yang baik. Madu dikenal bisa mengurangi iritasi. Kombinasi keduanya akan sangat baik dalam proses penyembuhan noda bekas jerawat, melembabkan dan mengencangkan kulit. Cukup gunakan satu sendok madu lalu campurkan dengan sedikit perasan lemon, lalu aplikasikan pada noda bekas jerawat.

Agar noda bekas jerawat tidak semakin parah, usahakanlah untuk tidak memencetnya, menggosok terlalu keras dan jangan gunakan kosmetik pada area yang terdapat luka, karena dapat menyebabkan pembengkakan atau infeksi. Semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓