5 Dampak Buruk Menikah Tanpa Cinta yang Perlu Diketahui

Imelda Rahma26 Feb 2021, 17:35 WIB
Diperbarui 27 Feb 2021, 08:50 WIB
Pasangan

Menikah adalah salah satu impian banyak pria dan perempuan karena pada saat itu, mereka berhasil menemukan pasangan hidup. Oleh karena itu selayaknya kamu bisa menikah dengan seseorang yang mencintaimu dan pastinya juga kamu cintai. Sebab, pasanganmulah yang nantinya akan hidup bersamamu sampai maut memisahkan.

Namun, tidak jarang juga, kini banyak pasangan yang menikah tanpa didasari adanya rasa cinta yang tulus. Sebagian orang menganggap bahwa menikah adalah hal yang tidak begitu penting dalam hidup sehingga mereka tidak memerjuangkannya ataupun menikah tanpa adanya rasa cinta terhadap pasangan.

Menikah dianggap sebagai formalitas yang memberatkan dan membuat hidup manusia justru menjadi banyak masalah. Padahal sejatinya menikah adalah melengkapi kebahagiaan hidup. Pastinya menikah tanpa ada rasa cinta akan membawa dampak buruk maupun kerugian.

Nah, agar kamu menjadi lebih bijaksana dalam menentukan pernikahan, Fimela.com kali ini akan mengulas 5 dampak buruk menikah tanpa cinta yang perlu diketahui. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Kehidupan Rumah Tangga Tidak Bahagia dan Hambar

Kehidupan Rumah Tangga Tidak Bahagia dan Hambar
Ilustrasi Rumah Tangga Tidak Bahagia Credit: pexels.com/Bloom

Dampak buruk yang pertama jika kamu menikah tanpa cinta ialah kehidupan rumah tangga yang kamu jalani bisa jadi tidak bahagia dan terasa hambar karena interaksi didalamnya tidak didasari oleh kasih sayang. Momen-momen pernikahan yang harmonis dan hangat bisa saja tidak terjadi dalam kehidupanmu karena kamu tidak mencintainya dan dia juga tidak mencintaimu.

Oleh karena itu, kamu perlu lebih bijak lagi dalam merencanakan pernikahan. Pastikan bahwa kamu menikah dengan orang yang kamu cintai secara tulus, bukan karena paksaan. Perlu diingat bahwa esensi dari pernikahan diantaranya adalah saling berbagi suka dan duka dengan pasangan, bukan membuat hubungan rumah tangga menjadi sesuatu yang tidak bermakna hanya karena tidak ada cinta didalamnya.

Mudah Memunculkan Pertengkaran

Mudah Memunculkan Pertengkaran
Ilustrasi Pasangan Credit: pexels.com/Ginnie

Dampak buruk yang kedua jika kamu menikah tanpa cinta ialah sering terjadi pertengkaran. Tanpa cinta, seringkali tidak muncul kompromi antara suami istri. Saling bertahan dengan pendapat masing-masing, saling merasa benar, tidak mau mengalah, akhirnya pertengkaran menjadi makanan sehari-hari.

Hidup tidak akan nyaman dengan adanya pertengkaran. Pada dasarnya setiap manusia membutuhkan dan kenyamanan dalam bentuk cinta. Jika cinta itu tidak datang dari pasangan, maka rumah tangga justru menjadi sumber kesengsaraan daripada sumber kebahagiaan.

Risiko Pasangan Berselingkuh Lebih Besar

Risiko Pasangan Berselingkuh Lebih Besar
Ilustrasi Pasangan Credit: unsplash.com/Rone

Selanjutnya, dampak buruk yang ketiga ketika kamu menikah tanpa cinta ialah risiko pasangan berselingkuh akan menjadi lebih besar. Jelas saja hal ini sangat mungkin terjadi karena kebutuhan kasih sayang tidak bisa didapatkan pada pasangan yang sah sehingga memicu timbulnya perselingkuhan.

Jika sudah mengarah pada perselingkuhan, perceraian bisa menjadi pintu terdekat yang akan kamu hadapi. Tidak hanya rasa sakit karena harus berumah tangga dengan orang yang tidak kamu cintai, pengkhianatan yang terjadi juga bisa membuatmu semakin hancur.

Memicu Kekerasan dalam Rumah Tangga

Memicu Kekerasan dalam Rumah Tangga
Ilustrasi Pertengkaran dalam Rumah Tangga Credit: unsplash.com/Blaire

Dampak buruk yang keempat ketika kamu menikah tanpa cinta ialah memicu terjadinya kekerasan dalam rumah tangga. Jika pasangan yang saling mencintai saja bisa saling menyakiti dan berperilaku kasar, tidak menutup kemungkinan kamu juga akan mendapatkannya dari pasangan yang tidak mencintaimu.

Bagi seseorang yang menikah tanpa cinta, pasangan bisa saja tidak dihargai dan kekerasan dalam bentuk perkataan dan juga tindakan menjadi hal yang biasa. Jika sudah begini, keselamatan dan nyawamu bisa saja terancam.

Anak Menjadi Korban

Anak Menjadi Korban
Ilustrasi Anak Menangis Credit: unsplash.com/Cory

Terakhir, dampak buruk yang bisa menimpamu karena menikah tanpa cinta ialah anak menjadi korban. Ada banyak kasus perceraian dan juga kasus kekerasan dalam rumah tangga yang menyisakan anak sebagai pihak paling terdampak. Retaknya hubungan orangtua akan membuat psikis anak menjadi terganggu.

Bahkan bisa saja anak memiliki kenangan buruk hanya akibat orangtua yang tidak saling mencintai. Terlebih hal ini juga bisa ikut memengaruhi pola asuh anak. Rumah tangga yang dijalani tanpa adanya rasa cinta tidak mementingkan anak biasanya dan mereka akhirnya tumbuh dengan kekurangan kasih sayang dari orangtuanya.

Lanjutkan Membaca ↓